Home / Highlight News

Rabu, 12 Agustus 2020 - 13:33 WIB

Ponorogo Musim Layang-layang, Gangguan Listrik PLN pun Meningkat

Dutanusantarafm.com-Gangguan jaringan listrik PLN di Ponorogo belakangan meningkat, karena layang-layang. Gangguan tersebut menyebabkan matinya listrik PLN disejumlah wilayah terdampak hingga beberapa saat.

Manager PLN UP3 Ponorogo Redi Zusanto mengatakan musim layang-layang sekarang ini meningkatkan potensi gangguan jaringan listrik. Sesuai data di PLN sampai jelang pertengahan bulan Agustus ini sudah 5 x terjadi gangguan listrik, yang disebabkan layang-layang. Redi menjelaskan layang-layang yang menyangkut kabel listrik PLN bisa menyebabkan konsleting dan akhirnya listrik padam.

Jika yang terkena jaringan menengah atau bahkan jaringan tegangan tinggi maka dampaknya bisa luas, hingga beberapa kecamatan atau beberapa kabupaten. Seperti yang terjadi Selasa (11/08/2020) kemaren, listrik tiba-tiba padam di sebagian kecamatan Ponorogo dan Babadan karena ada layang-layang meyangkut kabel listrik di pasar pon.

“layang-layang tersebut akhirnya terbakar setelah terjadi konsleting listrik” ungkapnya.

Petugas membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menelusuri penyebab padamnya listrik tersebut. Akhirnya diketahui bahwa penyebabnya karena konsleting listrik oleh layang-layang. Redipun menghimbau warga agar saat bermain layang-layang tidak didekat fasilitas umum seperti jaringan listrik PLN. “saat bermain layang-layang harus diperhatikan dulu kondisi sekitarnya” pesan Redi.

Dengan meningkatnya potensi gangguan listrik, petugas PLN rutin mengadakan patroli keliling dan sosialisasi ke pelanggan. Selain itu pemeliharaan dan perawatan jaringan antisipasi gangguan karena bencana juga intensif dilakukan. (san)

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Pungutan Dana Sertifikasi Guru, Dalihnya Demi Peningkatan Kopentensi Spiritual dan Sosial

Dinamika Aktual

14 Tahun Rusak , Warga Ngrayun Gotong Royong Perbaiki Jalan

Dinamika Aktual

Johan Budi Kaget Gambarnya Muncul Sebagai BACABUB Ponorogo

Dinamika Aktual

Nyamirah Tersenyum, Rumahnya Mulai Dibangun

Dinamika Aktual

Diajukan Rehap Tidak di Respon Pemkab, Rumah Janda Nyamirah Roboh

Dinamika Aktual

One Way Bikin Ojol Sering di Cancel Penumpang, BBM naik 30 %

Dinamika Aktual

Permintaan Dikabulkan, Warga Menuntut Kepastian Jalur Dua Arah