Home / Sekitar Kita

Rabu, 29 Juli 2020 - 17:22 WIB

Bupati Ipong Semangati Petani Ramah Lingkungan Saat Panen Raya Di Prajekan Sukorejo


Dutanusantarafm.com- Bupati Ipong Muchlissoni menghadiri panen raya padi di persawahan Desa Prajekan Kecamatan Sukorejo Ponorogo pada RAbu 29 juli 2020 pagi. Dihadapan ratusan petani setempat Bupati Ipong memberikan motivasai kepada para petani dalam program pengembangan pertanian ramah lingkungan, pengembangan tanaman pangan dan hortikultura organik yang dimotori oleh dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan kabupaten Ponorogo.

“ Yakin dan percayalah dengan menanam produk ramah lingkungan tidak hanya baik untuk kita para petani tetapi baik untuk masyarakat pada umumnya, petani tidak hanya menjadi pahlawan pangan, tetapi juga menjadi pahlawan kehidupan, pahlawan kehidupan yang sehat karena produk yang dihasilkan baik untuk kesehatan” pesan Bupati Ipong.

Bupati Ipong Muchlissoni mengatakan pada masa pandemi ini pertanian telah menunjukkan kekokohannya. Sektor pertanian adalah yang paling kecil terkena dampak covid 19 . Hal ini menunjukkan bahwa sektor pertanian tangguh. Selain itu hasil panen di Ponorogo saat pandemic covid 19 ini tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya.

Melalui pertanian ramah lingkungan atau organik menurut bupati Ipong produksi pertanian padi di kabupaten Ponorogo bisa meningkat sampai 1,2 ton per hektarnya. Jika rata-rata produksi padi perhektar sebelumnya 6.5 ton saat ini bisa mencapai 7- 8 ton. “ hal ini membuktikan pertanian ramah lingkungan yang mulai dirintis sejak tiga tahun lalu mampu meningkatkan produksi” ucapnya.

Ipong menambahkan selain meningkatkan produksi pertanian penggunaan pupuk organik baik jenis cair maupun lainnya juga bisa menghemat biaya produksi. Dari hasil perhitungan yang dilakukan para petani biaya produksi atau tanam per hektar bisa berhemat 200 ribu rupiah. Selain itu yang tidak kalah penting pertanian ramah lingkungan ini lahan akan semakin subur dan menghasilkan produk yang lebih menyehatkan. “ beras sehat akan berdampak kepada kesehatan pula, karena bila banyak kandungan kimianya bisa menyebabkan penyakit seperti kanker dan lainnya.” pungkasnya. (san)

Berita ini 0 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Orang tua dan Anak Harus Pahami Dunia Remaja

Dinamika Aktual

BPBD Ponorogo Launching SIPBANTU, Percepat Penanganan Bencana

Dinamika Aktual

Pecah Telor, Atlet Paralayang Ponorogo Sumbang Medali Emas Porprov Jatim 2023

Sekitar Kita

Diruh -ruhi Kenduri Seni Warga Mojorejo Shock

Kabar Kota Kita

Duta dan Kader Moderasi Beragama dari 21 Kecamatan di Ponorogo Dikukuhkan

Kabar Kota Kita

Menko PMK : Reog Ponorogo Layak Jadi Warisan Budaya Tak Benda Dunia

Kabar Kota Kita

Kontingen Ponorogo Cabor Pencak Silat Sumbang Dua Medali Emas Pada Porprov Jatim 2023

Kabar Kota Kita

Diduga Bio Gas, Sampah TPA MrIcan Ponorogo Terbakar