Home / Dinamika Aktual / Sekitar Kita

Minggu, 17 Maret 2024 - 15:05 WIB

Fogging DBD di Lingkungan Kelurahan Kepatihan, Upaya Pencegahan Selain 3M Plus

Dutanusantara-Kasus demam berdarah di Kabupaten Ponorogo cenderung meningkat, dalam dua bulan terakhir. Sebagai upaya mencegah perkembangbiakan dan penyebaran nyamuk Aedes Aegypti penyebab Demam Berdarah Dengue, Kelurahan Kepatihan Kecamatan Ponorogo melakukan fogging di lingkungan setempat.

Fogging swadaya dengan menggandeng instansi terkait menyasar semua RW yang ada di wilayah tersebut. Pada Minggu (17/3) yang menjadi sasaran fogging adalah lingkungan tiga RT di RW 1 dan satu RT di RW 2. Yaitu meliputi JL. Parikesit, JL Ontorejo dan JL Soroito.

Kepala Kelurahan Kepatihan Husnul Arifandi mengatakan warga cukup antusias saat ada penawaran fogging mandiri seperti ini. Kasus DBD yang meningkat bahkan sampai ada yang meninggal dunia di Ponorogo, membuat semua khawatir.

Ia menyampaikan kasus DBD di Kelurahan Kepatihan sebenarnya tidak tergolong tinggi. Sempat ada sekitar 10 orang yang harus opname karena DBD dalam dua bulan ini, diantaranya anak-anak. Semua penderita, alhamdulillah kini sudah sembuh.

“Karena munculnya kasus itu, maka kita lakukan upaya pencegahan. Kita terus sosialisasi pencegahan dengan 3 M plus, pembagian abate, dan juga melakukan fogging” ucap Arifandi.

Pada fogging ini menyasar lingkungan warga, termasuk di dalam rumah, selokan air, kamar mandi, dan pekarangan. Dua petugas diterjunkan sejak pukul 05.00 pagi, agar efektif dan cepat rampung.

“Sengaja sejak pagi kita fogging, karena seperti disampaikan Dinkes, jika sudah siang tidak efektif.” tukas Lurah Kepatihan. (de)

Berita ini 18 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai