Home / Highlight News

Jumat, 7 Agustus 2020 - 14:28 WIB

46.785 Balita Di Ponorogo Jadi Sasaran Bulan Vitamin A


Dutanusantarafm.com-Generasi yang kuat dan sehat adalah bagian yang tidak terpisahkan dari program Pemerintah Kabupaten Ponorogo. Salah satunya melalui program bulan vitamin A setiap Februari dan Agustus. Sebanyak 46.785 balita usia 6 hingga 59 bulan di Kabupaten Ponorogo akan mendapat vitamin A di bulan Agustus ini.

Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini mengatakan, pemberian vitamin A kepada anak bertujuan untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuh pada balita. Di Kabupaten Ponorogo pemberian vitamin A untuk balita sudah dimulai tanggal 3 Agustus kemaren sampai akhir bulan ini, melaui posyandu. Jumlah posyandu di Ponorogo yang akan dilibatkan pada bulan vitamin A adalah sebanyak 1.127 posyandu. Target Bulan Vitamin A di Kabupaten Ponoogo pada Agustus ini yakni 100 persen anak usia 6 hingga 59 bulan yang berjumlah 46.785 balita mendapat vitamin A .


“ sasaran umur 6-11 bulan sebanyak 5.539 balita dan umur 12-59 bulan sebanyak 41.246 balita” ungkapnya.

Meski saat ini ditengah pandemi Covid-19, Pemkab Ponorogo menargetkan semua sasaran balita mendapatkan vitamin A . Hal itu sangat penting agar anak tetap dalam keadaan sehat dan tumbuh dengan baik. “ Pemberian suplementasi vitamin A ini adalah salah satu upaya untuk menjaga anak tetap sehat,” terang Kusdarini.

Kusdarini menuturkan vitamin A memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Sebab vitamin A ini terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. “Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan,” terangnya.

Pemberian vitamin A dosisnya sudah tersesuaikan dengan usia anak, misalnya anak usia 6-11 bulan dosisnya 100 ribu IU yang dengan tanda warna biru. Sedangkan, pemberian vitamin A bagi anak usia 1-5 tahun dosisnya 200 ribu IU dengan tanda warna merah. ” Jadi pemberian vitamin A harus sesuai dengan usia anak balita , dengan dua tanda yaitu merah dan biru. Dan saat ini stok yang disediakan untuk dua jenis itu sangat cukup ,” jelasnya.

Berita ini 17 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sawoo Reborn, Korban Pungli Tolak Upaya Pengembalian Kerugian

Dinamika Aktual

Kejari Ponorogo Rindang Onasis  Berharap Polres Tangkap Bandar Narkobanya 

Dinamika Aktual

Mr. G di Lingkaran Kasus Sawoo Belum Tersentuh Padahal di Duga Otaknya

Dinamika Aktual

Bupati Berhentikan Sementara Kades Sawoo, 5 Kasun Tunggu Surat Kejaksaan

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Pungutan Dana Sertifikasi Guru, Dalihnya Demi Peningkatan Kopentensi Spiritual dan Sosial

Dinamika Aktual

14 Tahun Rusak , Warga Ngrayun Gotong Royong Perbaiki Jalan

Dinamika Aktual

Johan Budi Kaget Gambarnya Muncul Sebagai BACABUB Ponorogo