Home / Highlight News

Jumat, 7 Agustus 2020 - 14:28 WIB

46.785 Balita Di Ponorogo Jadi Sasaran Bulan Vitamin A


Dutanusantarafm.com-Generasi yang kuat dan sehat adalah bagian yang tidak terpisahkan dari program Pemerintah Kabupaten Ponorogo. Salah satunya melalui program bulan vitamin A setiap Februari dan Agustus. Sebanyak 46.785 balita usia 6 hingga 59 bulan di Kabupaten Ponorogo akan mendapat vitamin A di bulan Agustus ini.

Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini mengatakan, pemberian vitamin A kepada anak bertujuan untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuh pada balita. Di Kabupaten Ponorogo pemberian vitamin A untuk balita sudah dimulai tanggal 3 Agustus kemaren sampai akhir bulan ini, melaui posyandu. Jumlah posyandu di Ponorogo yang akan dilibatkan pada bulan vitamin A adalah sebanyak 1.127 posyandu. Target Bulan Vitamin A di Kabupaten Ponoogo pada Agustus ini yakni 100 persen anak usia 6 hingga 59 bulan yang berjumlah 46.785 balita mendapat vitamin A .


“ sasaran umur 6-11 bulan sebanyak 5.539 balita dan umur 12-59 bulan sebanyak 41.246 balita” ungkapnya.

Meski saat ini ditengah pandemi Covid-19, Pemkab Ponorogo menargetkan semua sasaran balita mendapatkan vitamin A . Hal itu sangat penting agar anak tetap dalam keadaan sehat dan tumbuh dengan baik. “ Pemberian suplementasi vitamin A ini adalah salah satu upaya untuk menjaga anak tetap sehat,” terang Kusdarini.

Kusdarini menuturkan vitamin A memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Sebab vitamin A ini terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. “Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan,” terangnya.

Pemberian vitamin A dosisnya sudah tersesuaikan dengan usia anak, misalnya anak usia 6-11 bulan dosisnya 100 ribu IU yang dengan tanda warna biru. Sedangkan, pemberian vitamin A bagi anak usia 1-5 tahun dosisnya 200 ribu IU dengan tanda warna merah. ” Jadi pemberian vitamin A harus sesuai dengan usia anak balita , dengan dua tanda yaitu merah dan biru. Dan saat ini stok yang disediakan untuk dua jenis itu sangat cukup ,” jelasnya.

Berita ini 14 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPID Jatim Sebut Sejumlah Potensi Pelanggaran Pada Siaran Pemilu 2024

Dinamika Aktual

Tingkatkan Layanan Publik, Tiga Lembaga Negara di Jatim Sepakat Optimalkan Sinergi dan Kolaborasi

Dinamika Aktual

5 Kecamatan Penderita Krisis Air Bersih , Dapat Perhatian Penuh Johan Budi

Dinamika Aktual

2 Perangkat Sawoo Telah Ditetapkan Tersangka, 8 Orang Tunggu Panggilan

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri Sancoko Memimpin Rakor Antisipasi dan Penanganan Bencana Hidrometeorologi

Dinamika Aktual

Supar Penyendang Disabilitas Terharu Didatangi Johan Budi Sapto Pribowo

Highlight News

Akui Salah, Panitia Pemilihan BPD Purwosari Gelar Pilihan Ulang

Dinamika Aktual

Diduga Demi Ambisi Tambah Bengkok, Panitia Main Pengkondisian Pengisian BPD Purwosari