Home / Sekitar Kita

Kamis, 6 Agustus 2020 - 19:41 WIB

Upacara Detik-Detik Proklamasi “Minimalis Dan Khidmat”

Dutanusantarafm.com- Upacara memperingati detik-detik proklamasi HUT ke 75 Republik Indonesia tahun 2020 ini akan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena masih dalam masa pandemi covid 19 maka jumlah peserta upacara dibatasi. Pada upacara pada tanggal 17 Agustus 2020 nanti paskibraka yang dilibatkanyapun hanya untuk pengibar bendera pusaka.

Kabag Umum Pemkab Ponorogo Edi Sucipto mengatakan upacara detik-detik proklamasi tahun ini dilaksanakan secara sederhana, khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid 19.
“ Pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi mengacu surat pedoman peringatan HUT ke 75 RI yang dikeluarkan Kemensetneg tertanggal 6 Juli 2020” terangnya.

Sesuai perintah Kemensetneg agar pelaksanaan upacara di daerah mencontoh di pusat untuk menghindari penyebaran corona. Edi menambahkan panitia upacara detik-detik prokalamasi tingkat kabupaten Ponorogo yang melibatkan unsur TNI dan Polri telah mempersiapkan konsep upacara sesuai pedoman dari kemensetneg RI. Terkait jumlah peserta upacara Edi memperkirakan secara keseluruhan hanya sekitar 20 an orang saja yaitu, Bupati- wakil bupati, pejabat forkopimda dan sejumlah pejabat eselon dua.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan pariwisata Pemuda dan Olah raga Ponorogo Agus Sugiharto mengatakan, petugas pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang dilibatkan tahun ini tidak sebanyak biasanya yang berjumlah sekitar 60 an anak, melainkan hanya 6 anak. Saat ini sudah terseleksi oleh panitia ada 6 orang paskibraka yaitu 4 laki-laki dan 2 perempuan yang bertugas khusus untuk pengibar dan penurunan bendera Merah Putih.

“ Rincianya 3 anak bertugas untuk pengibar bendera pada upacara pagi hari dan 3 lainnya saat upacara penurunan bendera pada sore hari” terang Agus.(san)

Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg

Dinamika Aktual

Fogging DBD di Lingkungan Kelurahan Kepatihan, Upaya Pencegahan Selain 3M Plus

Highlight News

Takjil Unik Dari Bidluh Dipertahankan Ponorogo, Ada Migornya

Kabar Kota Kita

TPID Ponorogo Gelar Operasi Pasar Kendalikan Harga Beras

About Us

Konservasi  IPB  Di Bhayangkaki Berhasil Pulihkan  Sumber Mata Air  

Dinamika Aktual

Ambil Perhiasan Emas Anak TK, Ibu Muda di Ponorogo dilaporkan ke Polisi

Dinamika Aktual

Lingkungan Alam Tidak Seimbang, Kang Giri Ajak Semua Orang Menanam Pohon

Dinamika Aktual

Warga Kelurahan Kepatihan Sangat Antusias, Ikuti Pelatihan Batik Ecoprint