Home / About Us / Sekitar Kita

Rabu, 6 Maret 2024 - 12:54 WIB

Konservasi  IPB  Di Bhayangkaki Berhasil Pulihkan  Sumber Mata Air  

Posko singgah  para koservator , pendaki dan wisatawan jika Ke Bhayangkaki

Posko singgah para koservator , pendaki dan wisatawan jika Ke Bhayangkaki

Dutanusantarfm.com :  Ponorogo – Apresiasi  luar biasa  pantas di berikan kepada Rudi Antoro (50th) warga Desa  Temon Kecamatan Sawoo  atas pengabdiannya dalam menyelamatkan  lingkungannya  dari bencana  kerusakna lingkungan .  Rudi Antro  bersama kelompoknya Insan Peduli Bhayangkaki  (IPB_  sejak tahun 2020 hingga 2023 ini getol melkaukan upaya pengijauan  terhadap kawasan  hutan Bhayangkaki  yang dikelilingi puncak   Gunung Putri, Gunung  Gentong, Gunung Ijo dan  Gunung Tupak . Hasilnya dari 50 hektar kawasan  yang pada tahun 2019 mengalami  kerusakan  karena  kebakaran ,  20 hektar diantarannya  telah mampu dihijaukan.   Bukan tanpa perjuangan , banyak tantangan di hadapi oleh para pecinta alam  Insan Peduli Bhayangkaki ini .

Rudi  Antoro mengungkapkan perjuangan untuk menghijaukan kawasan hutan Bhayangkaki  , awalnya dilakukan oleh puluhan pemuda yang tergabung dalam karang taruna desa. Namun, seiring waktu  dan kesibukan anggita lama-kelamaan  peran serta menjadi berkurang . Hanya beberapa  anggota saja  yang masih konsisten .  Rudi mengaku sangat bersyukur karena pemerintah desa memberikan dukungan yang cukup kuat begitu pula dengan pihak Perhutani sehingga dalam   kurun waktu 4-5 tahun  penghijauan mulai terlihat hasilnya . Pohon –pohon  penyimpan air seperti , karet kebo, mahoni, bulu, ipik, jambu klampok,   beringin ketinggiannya sudah mencappia 5 meter lebih .  Bahkan kawasan Bhayangkaki yang dulunnya bersih dari pepohonan dan sumber mata airnya mengalami kekeringan sekarang sudah pulih kembali .

“Segala yang kita lakukan dibuktikan  saja dengan kerja . Masyarakat akan sadar ketika merasakan secara langsung dampaknya seperti  kawasan yang menghijau , sumber mata air sudah pulih dan satwa sudah berdatangan, “terang Rudi Antoro.

Sementara itu , Sekdes  Pemerintah Desa Temon Kecamatan  Sawoo  Triyono  mengakui  keberhasilan konservasi di Kawasan Gunung Bhayangkaki dan sekitarnya  berkat keseriusan Karang Taruna Insan Pedul Bhayangkaki (IPB).  IPB yang dipimpin oleh Rudi Antoro (50th) saat ini cukup berhasil dalam menghijaukan kembali kawasan hutan seluas 20 hektar dari total keseluruhan 50 hektar. Dampak yang dirasakan oleh warga sekitar adalah pilihnya 10 sumber mata air  di 10 titik yang  sejak 2019 lalu mengalami kekeringan karena hutan yang gundul akibat bencana kebakaran.

“Keseriusan  Rudi Antoro sebagai leader  beserta teman- temannya memang luar biasa . Mereka telaten melakukan perawatan termasuk di musim kemarau dengan membawa djirigen dan botol air naik keatas gunung untuk menyiram tanaman. Jika ada tanaman yang mati  langsung dilakukan tanam ulang . Bahkan mereka mengeluarkan  biaya  sendiri untuk membeli bibit  yang di butuhkan untuk konservasi ini , “ungkap Triyono . Sekertaris Desa Temon saat memandu tim ekspedisi dari Dutanusantarafm.com, Minggu  (03/03/2024)   (wid)

 

Berita ini 66 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg

Dinamika Aktual

Fogging DBD di Lingkungan Kelurahan Kepatihan, Upaya Pencegahan Selain 3M Plus

Highlight News

Takjil Unik Dari Bidluh Dipertahankan Ponorogo, Ada Migornya

Kabar Kota Kita

TPID Ponorogo Gelar Operasi Pasar Kendalikan Harga Beras

Dinamika Aktual

Ambil Perhiasan Emas Anak TK, Ibu Muda di Ponorogo dilaporkan ke Polisi

Dinamika Aktual

Lingkungan Alam Tidak Seimbang, Kang Giri Ajak Semua Orang Menanam Pohon

Dinamika Aktual

Warga Kelurahan Kepatihan Sangat Antusias, Ikuti Pelatihan Batik Ecoprint

Kabar Kota Kita

Aloon-aloon Ponorogo Kembali Dipercantik