Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Pengguna Data BPS Ponorogo, Mayoritas Untuk Perencanaan,Monitoring dan Evaluasi Pembangunan

Dutanusantarafm-Data merupakan bagian penting yang harus disediakan sebelum melakukan perencanaan suatu program atau kegiatan. Karena betapa begitu pentingnya suatu data itu maka tak pelak pencarian data merupakan hal prioritas.

Seperti realita yang ada di pelayanan statistik terpadu (PST) kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Ponorogo. Hasil survey yang dilakukan oleh BPS Ponorogo terhadap para pengguna data di PST BPS menunjukkan bahwa mereka menggunakan data itu untuk dipakai bahan membuat perencanaan, monitoring, dan untuk melakukan evaluasi pembangunan.

Kepala BPS Kabupaten Ponorogo Siswi Harini menyampaikan sebanyak 82.61 persen dari pengguna data BPS dipakai untuk perencanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan. Sisanya sebanyak 17.39 persen menggunakan data itu untuk keperluan lain-lain seperti penelitan,kajian dan lainya.
“Artinya mayoritas pengguna data itu dipakai untuk tiga hal tersebut yaitu perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan”ungkapnya.

Kesimpulan tersebut diperoleh oleh BPS Ponorogo setelah dilakukan survey terhadap para pengguna data BPS pada tahun 2020. Dalam survey itu kemudian diberikan questioner dengan pertanyaan antara lain menyangkut data yang dicari itu akan dipakai untuk keperluan apa. Dari isian questioner itulah akhirnya diketahui data yang dicari itu akan dipakai untuk apa saja.

Para pencari data itu antara lain dari Kantor/dinas, lembaga swasta, mahasiswa,peljar, pendidik, dan juga LSM. Mereka mencari data dengan datang langsung ke pelayanan statistik terpadu atau secara on line dengan mengunjungi website, FB. IG termasuk WA.
“saat ini kebanyakan mereka mencarinya secara on line”imbuhnya.

Siswi menambahkan BPS akan memberikan data kepada mereka yang membutuhkan secara Cuma-Cuma alias gratis. “Siapa saja bisa mengakses data yang ada di BPS Ponorogo”pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close