Sekitar Kita

Pemberian Vitamin A Sesuai Protokol Kesehatan, Orang Tua Tidak Perlu Khawatir


Dutanusantarafm.com-Guna mensukseskan pemberian Vitamin A untuk balita Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo telah membuat skema mengacu protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid 19. Pemberian Vitamin A selama bulan Agustus dilakukan melalui posyandu yang ada desa/kelurahan guna lebih mendekatkan dengan balita.

Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini mengatakan hal-hal yang sangat diperhatikan pada pembagian vitamin A antara lain harus dihindari adanya kerumunan. Untuk itu petugas atau kader yang ada di posyandu membuat jadwal pemberian vitamin A bagi balita. Petugas akan mengupayakan balita tidak saling bertemu dan dibuat dalam beberapa shift. Jika jumlah balitanya sangat banyak selain dengan sistem shift maka pemberian vitamin A dilakukan dalam beberapa hari.

“ selain itu petugas akan mempertimbangkan luas tempat posyandu agar tetap bisa jaga jarak” ungkapnya.

Kusdarini menambahkan kader atau petugas yang ada di posyandu juga akan dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). Pengenaan APD akan disesuaikan dengan tingkatanya masing-masing sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan covid 19. Apabila proses pemberian vitamin A serta pemberian makanan atau minuman tambahan sudah selesai maka balita dianjurkan segera dibawa pulang kerumah. “ makanan atau minuman tersebut sebaiknya dikonsumsi dirumah saja bukan di tempat posyandu” terangnya.

Melalui penerapan protokol kesehatan seperti itu maka orang tua tidak perlu khawatir untuk datang ke Posyandu. Kadinkes meminta kesempatan mendapatkan vitamin A ini jangan sampai dilewatkan orang tua balita, karena asupan vitamin A ini sangat dibutuhkan anak. Dinas Kesehatan juga akan berupaya semaksimal mungkin agar sasaran pemberian Vitamin A sebanyak 46.785 Balita di Kabupaten Ponorogo tercapai 100 persen. (san)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close