Home / Latest

Jumat, 11 November 2022 - 14:25 WIB

Kurangi Cemaran TPA Mrican Ke Pesawahan , DLH Mulai Bangun Talud Timur

Seni, Kepala DLH Ponorogo sampaikan TPA Mrican mulai membangun talud sebelah timur  demi kurangi cemaran ke pesawahan , Jumat ( 11/11/2022)

Seni, Kepala DLH Ponorogo sampaikan TPA Mrican mulai membangun talud sebelah timur demi kurangi cemaran ke pesawahan , Jumat ( 11/11/2022)

DUTANUSANTARAFM.COM : Dinas Lingkungan  Hidup Kabupaten Ponorogo per Jumat ( 11/11/2022) mulai merealisasikan proyek pembangunan talud sebelah timur di TPA Mrican. Pelaksanaan proyek ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan masyarakat petani sekitar TPA Mrican yang lahannya tercemar air lindi. Sehingga mengakibatkan kerusakan pada tanaman padi mereka.  Melalui dana  APBD Perubahan 2022  pembangunan talud sebelah timur akan memakan biaya sekitar  Rp 186 juta.  Hal tersebut disampaikan kepala  DLH Ponorogo Seni, Jumat ( 11/11/2022) saat berada di kegiatan penghijauan di kawasan Dam Apak-apak Desa Dayakan Kecamatan Badegan.

Seni menjelaskan  belum semua  rencana pembanguan  talud penyekat  cemaran limbah dari TPA Mrican ke pesawahan petani setempat terealisasi pada tahun anggaran 2022 karena keterbatasan waktu. Sebagian akan direalsiasikan  pada tahun anggaran 2023 mendatang .  Rencana pembangunan  lain yang akan direalisasikan tahun 2023 antara lain talud dan saluran penggolah lindi sehingga dampak pencemaran persawahan di TPA. Mrican sedikit bisa di reduksi .

“Waktu kita mengundang konsultan untuk menghitung kebutuhan di TPA mrican tersebut  diketahui dana yang dibutuhkan adalah  5 M. Namun pemerintah kabupaten Ponorogo hanya bisa  memberikan plot angagran pada  2023  sebesar  2,4 M untuk talud dan saluran pengolah lindi. Sementara  untuk pembangunan  Bak Lindi belum tercover sehingga tahun 2023  akan kita ajukan kembali . Harapan kita  air lindi yang keluar  dari TPA sudah  memenuhi baku mutu sehingga  aman bagi tanaman sekitar , “jelas Seni,  Kepala Dinas Lingkung Hidup Kabupaten Ponorogo. (wid)

Berita ini 38 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Latest

Alfamart Madiun Kolaborasi Duta Nusantara 92,1 FM Bagi Nasi Kotak Ke Pemudik

Latest

Gempa Bumi Bantul, Akibatkan Beberapa Rumah Warga di Ponorogo Rusak Berat

Latest

Tunhar Gontor Menangkan Kejuaraan U21 Askab PSSI Ponorogo

Latest

Wow…Korban Pungli Sawoo Tak Hanya Warga Biasa

Latest

Keterangan Perangkat Desa Ke Kejaksaan Berbeda Dengan Temuan Lapangan

Latest

Babinsa Masuk Dapur Mampu Memberikan Healing Warga

Latest

Walhi Jatim; Masalah Tambang Rumit Karena Banyak Aktornya

Latest

DIRGAHAYU TNI