Home / Highlight News / Sekitar Kita

Sabtu, 5 Agustus 2023 - 13:16 WIB

dr. Dany Farida Sp. PK : “Bediding, Jangan Sering Begadang”

Dutanusantarafm-Peralihan dari musim hujan ke musim kemarau salah satunya berdampak pada suhu yang semakin dingin pada malam hingga pagi hari. Kondisi seperti ini yang biasa disebut bediding, bisa menyebabkan gangguan sistem imun pada tubuh.

Karena suhu dingin pada malam hari, maka disarankan mengurangi begadang setiap saat. Hal itu dikarenakan siklus metabolisme tubuh jika malam hari waktunya istirahat

” Metabolisme tubuh juga butuh istirahat, jangan dipaksa terus bekerja saat malam hari,” terang dr.Dany Farida Sp.PK, sekretaris IDI Cabang Ponorogo.

Ia menjelaskan jika metabolisme tubuh tidak berjalan baik bisa mempengaruhi sistem imun pada tubuh. Jika imunitas turun, maka tubuh kita akan.mudah terserang penyakit.

Cuaca ekstrim seperti ini agar kesehatan tubuh tetap terjaga, maka disarankan untuk menjaga pola makan yang teratur, istirahat cukup, pola bekerja yang tidak berlebihan, olahraga rutin, dan jika diperlukan minum vitamin.

dr.Dany menambahkan sistem imun tubuh yang terus menurun antara lain bisa menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit batuk dan pilek, sakit asma mudah kambuh, dan sakit kepala.

“Sakit kepala bisa menyerang karena supplay oksigen ke otak berkurang, itu terjadi akibat saluran pembuluh darah menyempit seiring kelembaban yang meningkat.” terangnya.

Agar penyakit seperti tersebut tidak menyerang maka ia menyarankan pola hidup yang selama ini keliru agar diubah. Dengan selalu menjaga kesehatan maka imunitas tubuh akan stabil, sehingga tidak akan mudah terserang penyakit pada kondisi seperti sekarang ini. (de)

Berita ini 124 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg

Dinamika Aktual

Fogging DBD di Lingkungan Kelurahan Kepatihan, Upaya Pencegahan Selain 3M Plus

Highlight News

Takjil Unik Dari Bidluh Dipertahankan Ponorogo, Ada Migornya

Kabar Kota Kita

TPID Ponorogo Gelar Operasi Pasar Kendalikan Harga Beras

About Us

Konservasi  IPB  Di Bhayangkaki Berhasil Pulihkan  Sumber Mata Air  

Dinamika Aktual

Ditahap II,  2 Tersangka Kasus Sawoo Tetap Lanjutkan Pra Peradilan