Home / Sekitar Kita

Selasa, 25 Agustus 2020 - 16:33 WIB

Bulan Timbang, Dinkes Ponorogo Akan Sweeping Balita Yang Belum Ditimbang


Dutanusantarafm.com- Dinkes Ponorogo menargetkan 52.324 balita usia 0 hingga 59 bulan di Kabupaten Ponorogo telah ditimbang dibulan timbang Agustus 2020. Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini mengatakan, petugas akan melakukan sweeping agar tidak ada balita yang tercecer diprogram tersebut.

Penimbangan balita dibulan timbang dilakukan melalui kegiatan posyandu selama bulan Agustus 2020. Dalam kegiatan posyandu tersebut petugas akan mendata balita yang sudah dan yang belum ditimbang. Apabila diketahui ada balita yang belum dibawa ke posyandu untuk ditimbang maka petugas akan memberitahu kepada orang tuanya.

“Untuk balita yang belum ditimbang di posyandu satu persatu orang tua akan didatangi petugas untuk mengetahui mengapa balitanya belum ditimbangkan di posyandu, dan memastikan apakah keberadaanya ada ditempat atau tidak” terangnya.

Sebanyak 1.127 posyandu di Kabupaten Ponorogo dilibatkan dalam bulan timbang dan bulan Vitamin A ini, yang pelaksanaanya dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid 19. Rahayu menambahkan untuk kegiatan posyandu biasa jika balita tidak dibawa ke posyandu maka petugas tidak harus memastikan balita tersebut ditimbang. Tetapi khusus bulan timbang ini maka semua balita harus dipastikan ditimbang dan tercatat berapa berat badannya. Karena itu akan dilakukan sweeping jika menjelang akhir bulan Agustus nanti masih ada balita yang belum ditimbang, dengan mendatangi dari rumah ke rumah.

Lalu mengapa balita harus dipastikan ditimbang di bulan Agustus ini ..??, Rahayu menjelaskan penimbangan balita bertujuan untuk memantau perkembangan dan kesehatannya. Dengan mengetahui berat badan balita bisa diketahui seperti apa perkembangan dan pertumbuhan balita tersebut.

” Untuk mengetahui perkembangannya maka harus ada data pasti berat badan setiap balita ”pungkasnya.

Berita ini 6 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Ambil Perhiasan Emas Anak TK, Ibu Muda di Ponorogo dilaporkan ke Polisi

Dinamika Aktual

Lingkungan Alam Tidak Seimbang, Kang Giri Ajak Semua Orang Menanam Pohon

Dinamika Aktual

Warga Kelurahan Kepatihan Sangat Antusias, Ikuti Pelatihan Batik Ecoprint

Kabar Kota Kita

Aloon-aloon Ponorogo Kembali Dipercantik

Kabar Kota Kita

Musrenbang Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Inilah Usulan dan Persoalan Disampaikan

Dinamika Aktual

Bergerak Bersama, Bersihkan Sampah di Wisata Telaga Ngebel

Dinamika Aktual

Rehabilitasi dan Pengkayaan Tanaman di Lereng Gunung Bayangkaki Terus Diupayakan

Dinamika Aktual

Kiriman Sampah Enceng Gondok di Sungai Gendol, Bikin Warga Was-was