Home / Kabar Kota Kita / Sekitar Kita

Selasa, 9 Januari 2024 - 21:19 WIB

Musrenbang Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Inilah Usulan dan Persoalan Disampaikan

Dutanusantarafm-Beragam usulan dan permasalahan disampaikan pada acara musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Kepatihan di Balai Kelurahan setempat pada Senin (8/1/2024) malam. Musyawarah yang dipimpin Lurah Kepatihan Husnul Arifandi dihadiri para tokoh agama, tokoh masyarakat, LPMK, para Ketua RW dan Ketua RT serta babinkamtibmas dan babinsa Kelurahan Kepatihan.

Keluhan yang disampaikan oleh warga antara lain terkait ancaman banjir pada musim hujan di wilayah Krandegkan, genangan air di halaman kelurahan, persoalan sampah dengan bau tak sedap di TPS ruko Gajahmada dan lainnya.

Pada musrenbang tersebut juga disampaikan banyak usulan perbaikan infrastruktur jalan dan selokan. Salah satunya usulan perbaikan jalan aspal dan selokan di Jalan Soroito dan Gang Parikesit.

“Jalan Soroito sudah beberapa kali kami usulkan untuk diperbaiki namun belum bisa direalisasikan. Pada musrenbang kali ini kami usulkan lagi. Semoga nanti dikabulkan.” kata warga setempat Aan.

Usulan infrastruktur terkait pembangunan saluran irigasi untuk pertanian juga disampaikan warga pada musrenbang Kelurahan Kepatihan. Usulan pembuatan papan untuk ketua RT/RW biar sama dan seragam, usulan dibuatnya sentra untuk penjualan produk UMKM, peremajaan PJU, taman tepi jalan, dan banyak lagi lainnya.

Lurah Kepatihan Kecamatan Ponorogo Husnul Arifandi menyampaikan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan ini penting untuk menyerap aspirasi atau usulan mulai dari tingkat bawah rukun tetangga atau RT.

” Kalau ada keluhan dari warga tentu akan kita upayakan untuk segera dicarikan solusinya. Sedangkan terkait banyaknya usulan pada musrenbang ini, tentu akan kita inventarisir dibawa ketingkat kecamatan” katanya.

Namun begitu jika ada usulan yang bisa direalisasikan sendiri oleh kelurahan, maka tidak perlu diteruskan ketingkat diatasnya. Pada hal yang sama Arifandi menambahkan tanpa menunggu lama usulan itu masuk prioritas rancangan pembangunan tahun 2025, akan dikonsultasikan dengan satker terkait.

“Misalkan dinas PUPR ada program perbaikan jalan di tahun 2024 untuk kecamatan Ponorogo, tentu saya akan usulkan yang wilayah sini” ucapnya.

Lurah Arifandi juga meminta kepada warga untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat jelang pemilu 2024. Untuk para pengelola kost juga diminta aktif melaporkan para penghuninya ke RT setempat, sehinga para pendatang bisa terdata.

Sementara itu ia juga mengingatkan dengan datangnya musim hujan agar tidak membuang sampah disembarang tempat, menjaga kebersihan lingkungan agar tidak mudah terserang penyakit, waspada terhadap demam berdarah.

” Sudah ada kasus demam berdarah di Kepatihan, jangan lupa pencegahan dengan 3M Plus. Kalau ada yang sakit segera dibawa untuk berobat.” tukasnya.(de)

 

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Gempar, Warga Badegan ditemukan meninggal di tempat tidur

Dinamika Aktual

Akibat Tumpahan Oli, Lebih dari 10 Motor Tergelincir di Jalan Letjen Suprapto Ponorogo

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri : Dicarikan Solusi agar minat sekolah di SDN tidak menurun terus

Dinamika Aktual

Melalui REC Pemkab Ponorogo dan PLN Berkomitmen Kurangi Emisi Karbon

Dinamika Aktual

Pilkada Ponorogo 2024 Siap Dilaunching

Dinamika Aktual

Petugas Satpol PP Ponorogo Sita Puluhan Bungkus Rokok Ilegal dari Jasa Pengiriman Paket

Dinamika Aktual

Ribuan batang rokok illegal diamanakan dari sejumlah toko di Ponorogo

Dinamika Aktual

Empat Pengedar Rokok Ilegal di wilayah Madiun Raya Diamankan