Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Minggu, 14 Agustus 2022 - 19:30 WIB

Mulai Terjadi Kekeringan di Ponorogo, BPBD Distribusi Ribuan Liter Air Bersih

Dutanusantarafm.com – Masuk musim kemarau di tahun 2022, sejumlah wilayah desa di Kabupaten Ponorogo mulai mengalami kekeringan. Salah satunya di Desa Duri, Kecamatan Slahung. Menyikapi hal itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat sigap mengirimkan ribuan liter air bersih ke lokasi tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Ponorogo, Jamus Kunto mengungkapkan pihaknya menerima permintaan air bersih itu pada Senin (8/08/2022). Selanjutnya, pengiriman dilakukan pada hari berikutnya dengan menggunakan satu tangki air bersih berkapasitas 6000 liter.

“Terkait permintaan dropping air bersih di Desa Duri, Kecamatan Slahung sudah kami kirimkan. Sementara masih kami kirimkan satu tangki air. Saat ini kami masih memantau berapa banyak yang dibutuhkan,’’ ungkap Jamus kemarin (10/08/2022).

Sesuai pantauan Jamus, saat ini ada 156 jiwa terdampak kekeringan di desa tersebut. Menurutnya, jika dihitung kasar kebutuhan air bersih di desa tersebut mencapai empat tangki setiap hari.

Namun, pihaknya sementara ini baru mengirimkan satu tangki air bersih mengingat belum tahu persis titik droping air apakah berdekatan atau berpencar.

Selain itu, Jamus juga belum mengetahui apakah kapasitas tandon air di desa tersebut mampu menampung kiriman air bersih sebanyak empat tangki tersebut.

Lantaran, keterbatasan armada juga tidak memungkinkan untuk tanki air standby di desa tersebut. Mengingat, diperkirakan akan masih ada desa lain yang juga berpotensi mengalami kekeringan.

‘’Jika berkaca pada tahun lalu, jumlah desa kekeringan semakin berkurang. Tahun ini kami perkirakan ada dua titik desa yang kekurangan air bersih. Desa Duri Slahung, dan Desa Candi, Kecamatan Mlarak,’’ imbuhnya.

Meski begitu, Jamus menuturkan bukan tidak mungkin aka nada desa lain yang mengalami hal serupa. Karena itu, mengantisipasi hal tersebut pihaknya sudah menggandeng instansi lain seperti PDAM, Dinas Lingkungan Hidup maupun Dinas PU untuk menanggulangi situasi tersebut. (Umi Duta)

 

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Gempar, Warga Badegan ditemukan meninggal di tempat tidur

Dinamika Aktual

Akibat Tumpahan Oli, Lebih dari 10 Motor Tergelincir di Jalan Letjen Suprapto Ponorogo

Dinamika Aktual

Kehabisan Kantong , Donor Darah Hari Bhakti Adhyaksa ke 64 Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri : Dicarikan Solusi agar minat sekolah di SDN tidak menurun terus

Dinamika Aktual

Melalui REC Pemkab Ponorogo dan PLN Berkomitmen Kurangi Emisi Karbon

Dinamika Aktual

Pilkada Ponorogo 2024 Siap Dilaunching

Dinamika Aktual

Petugas Satpol PP Ponorogo Sita Puluhan Bungkus Rokok Ilegal dari Jasa Pengiriman Paket

Dinamika Aktual

Ribuan batang rokok illegal diamanakan dari sejumlah toko di Ponorogo