Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Kamis, 2 Februari 2023 - 17:41 WIB

Memberi Makna Indonesia, YBM BRI Lounching Mustahik Income Generating Program (MIGP)

(YBM BRILiaN Regional Office Malang  melaunching Mustahik Income Generating Program (MIGP) di Balai Desa Glinggang, Kecamatan Sampung, Kamis (02/02/2023)

(YBM BRILiaN Regional Office Malang melaunching Mustahik Income Generating Program (MIGP) di Balai Desa Glinggang, Kecamatan Sampung, Kamis (02/02/2023)

DUTANUSANTARAFM.COM:  Ponorogo- Dalam rangka ikut memberi makna Indonesia  membantu penguatan ekonomi rakyat dan menopang program ketahanan pangan  Yayasan Baitul Maal BRILiaN (YBM BRILiaN) Regional Office Malang  melaunching Mustahik Income Generating Program (MIGP) di Balai Desa Glinggang, Kecamatan Sampung, Kamis (02/02/2023). MIGP memberikan program kepada  petani penggarap berupa ana hibah untuk  stimulus  pemberdayaan ekonomi.  Stimulus untuk petani gambas  , terong ungu, dan juga peternak.  Petani gambas dan terong ungu mendapatkan stimulus dana sebesar Rp 50-60 juta . Dana tersebut untuk medukung kegiatan pertanian modern seperti untuk pembelian mulsa, bibit , sewa tanah , pupuk dan mesin cultivator.

“Kita berikan support pendanaan itu agar  para petani penggarap ini lepas dari kemiskinan  dan lebih mandiri.  Lebih lagi , para petani  kedepan punya lahan sendiri dan bisa pinjam modal dari BRI, “jelas Dadan Firdaus Ketua YBM BRILiaN Ponorogo  yang hadir dalam lounching bersama Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Ponorogo Agus Pramono dan  Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Ponorogo R. Pandu Bagja Sumawijaya .

YBM BRILiaN Regional Office Malang menandatangi MOU kerjasama dengan Dipertahankan Ponorogo , Kamis ( 02/02/2023)

Dadan Firdaus ditemui usai launching menyampaikan, program tersebut seharusnya dilaksanakan pada tahun 2022, namun karena ada keterlambatan dalam proses administrasi, sehingga baru bisa dilaksanakan pada akhir Desember 2022 sampai sekarang masih berlanjut.  Namun meski mengalami keterlambatan diharapkan memberikan berkah yang bagus karena diperkirakan masa panen sayur gambas dan terong ini akan bertepatan dengan bulan ramadhan dan idul fitri . Pada bulan tersebut biasanya harga sayur sangat menjanjikan .

Sementara itu Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Ponorogo R. Pandu Bagja Sumawijaya ketika  mengakui bahwa program ini sangat nyambung dengan warning  Presiden Jokowi   kepada masyarakat  untuk mewaspadai potensi krisis pangan.  Karena program yang sudah dijalankan selama 3 tahun ini adalah  program BRI untuk berkontribusi memberi makna Indonesia.

“Mudah-mudahan mampu memberdayakan ekonomi masyarakat. Sinergi untuk peningkatan Sumber Daya Manusia yang bersinggungan dengan adanya angka kemiskinan,” ucap Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Ponorogo R. Pandu Bagja Sumawijaya dalam sambutanya.

Di informasikan , YBM BRILiaN  pada tahun 2022-2023 ini melounching  Program Mustahik Income Generating Program (MIGP) untuk bebebrapa kegiatan pemberdayaan masyarakat.  Diantarannya mensupport permodalan  dua kelompok petani terong dari Desa Glinggang masing masing senilai Rp 54 juta. Mensupport permodalan  kelompok peternak domba pedaging dari Desa Klepu, Kecamatan Sooko total mendapatkan bantuan senilai Rp108 juta untuk bibit, pakan dan kandang. Mensupport permodalan  kelompok petani budi daya gambas, di Desa Bangsalan, Kecamatan Sambit  senilai Rp 60,5 juta untuk pembelian bibit, pupuk, sewa lahan dan traktor mini. Tak hanya sampai disitu,   YBM BRILiaN  juga menandatangi Mou dengan Dinas Pertanian Ketahan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo serta  menjalin kerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo dalam hal pemberian beasiswa. (wid)

Berita ini 53 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024