Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 26 Februari 2021 - 17:47 WIB

Melantik 6 Kepala Daerah, Gubernur Jatim Ingatkan Pesan Presiden “ GaS Dan Rem “

Dutanusantarafm- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik 6 kepala daerah dan wakilnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada sesi pertama , Jum’at (26/02/2021). Kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dilantik sesi pertama tersebut adalah kabupaten Trenggalek, Ponorogo,Situbondo,Sumenep, Ngawi dan Banyuwangi. Gubernur Khofifah dalam sambutanya mengingatkan pesan presiden Joko Widodo agar dalam menjalankan pemerintahan dengan cara gas dan rem.

“saya sampaikan pesan Presiden agar kepala daerah menjalankan prinsip gas dan rem” Kata Khofifah.

Gas dan rem maksudnya dalam memacu pertumbuhan ekonomi meperhatikan situasi dan kondisi yang ada. Misalnya dalam situasi dan kondisi pandemi covid 19 ini percepatan ekonomi harus direncakanan betul, Khofifah menyampaikan seperti yang diinginkan Presiden bagaimana seluruh kepala daerah bisa bekerja cepat , tepat dan detail. “ Hal itu seperti moto Pemprof Jatim “cetar:” , Cepat efektif- efisien,transparasni , tanggap,akuntabilitas terjaga,responsive. “ terangnya.

Ditambahkanya masih posisi PPKM mikro, diharapkan para kepala daerah cepat kerjanya dan harus bisa menghadapi segala persoalan yang ada. Covid 19 di jatim melandai tetapi penyebran belum terhenti. Dengan prinsip gas dan rem pada bulan April diharapkan ekonomi bisa take off, sebagai persiapananya bulan Maret bisa mulai melakukan percepatan.

Khofifah juga berpesan agar kepala derah bisa memastikan dana desa bisa terrealisir dengan baik, bulan Maret bisa masuk rekening 40 persen, dan untuk desa mandiri bisa 60 persen. Dana desa bisa untuk melakukan percepatan ekonomi jika segera terdistribusi kan memberikan multyple effek yang bagus untuk masyarakat desa.

Hal penting lain yang dipesankan Gubernur adalah agar dilakukan sinergitas Bupati dan wakil bupati termasuk dengan DPRD. Hal itu penting segera dilakukan karena sebentar lagi akan menyampaikan visi misi ke DPRD khusunya terkait RPJMD . RPJMD yang akan disusun harus berseiring dengan rpjmd propinsi dan nasional agar pembangunan secara nasional bisa bersinergi. Apalagi 6 kabupaten yang Bupatinya dilantik ini dikenal sebagai lumbung pangan . “ 6 kabupaten ini bagian kekuatan jawa timur dimana termasuk kabupaten lumbung pangan. Sinergi dengan propinsi dan nasional harus terus dijalin” pungkasnya. (de)

Berita ini 6 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024