Kabar Kota Kita

Hingga Juni 2020 Sudah 276 PNS Pemkab Ponorogo Pensiun, Beban Kerjapun Bertambah

Dutanusantarafm.com- Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo Winarko Arief mengatakan sampai Juni 2020 jumlah PNS yang pensiun sebanyak 276 orang. Mayoritas PNS yang telah memasuki masa purna tugas adalah para guru dan kepala sekolah yaitu sebanyak 188 orang atau 87 persen.

Adapun rincian PNS yang purna hingga akhir Juni 2020 adalah pejabat struktural 25 orang, guru dan kepala sekolah 188 orang , kesehatan 6 orang, pejabat fungsional lain 8 orang, pegawai pelaksana 49 orang. ” Guru dan kepala sekolah yang pensiun paling banyak dibanding yang lainnya” ungkap Winarko.

Hingga akhir tahun 2020 total guru yang akan pensiun sebanyak 388 orang pegawai. Winarko memperkirakan tidak akan ada penambahan pegawai yang jumlahnya melebihi PNS atau ASN yang pensiun. Karena pemerintah mengambil langkah minus growth yaitu pegawai tidak bertambah banyak tapi berkurangnya pasti. ” Maka tidak heran jika saat ada rekruitmen PNS kuota yang diberikan pemerintah pusat tidak sebanyak yang dibutuhkan” terangnya.

Winarko menambahkan saat beban bertambah karena berkurangnya pegawai maka salah satu solusi adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Masa pandemi ini kesempatan mencoba mengalihkan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi informasi. ” Beban cukup berat jika menambah pegawai menambah beban keuangan negara, maka memanfaatkan teknologi salah satu solusi. Dan mulai saat ini harus mulai dicoba diterapkan” pungkasnya. (san)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close