Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Minggu, 15 November 2020 - 07:58 WIB

Hadapi Bencana Hidrometeorologi Di Tengah Pandemi Covid Harus Saling Bersinergi

PLT.Bupati Ponorogo Sudjarno didampingi kapolres Ponorogo  AKBP. Muhammad Nur Aziz mengecek  kesiapan peralatan kebencanaan untuk antaisipasi pontensi bencana Hidrometeorologi.

PLT.Bupati Ponorogo Sudjarno didampingi kapolres Ponorogo AKBP. Muhammad Nur Aziz mengecek kesiapan peralatan kebencanaan untuk antaisipasi pontensi bencana Hidrometeorologi.

DUTANUSANTARAFM.COM: PLT.Bupati Ponorogo Sudjarno meminta kepada semua pihak saling bersinergi dalam menghadapi potensi bencana Hidrometeorologi. Pesan itu disampaikan saat memimpin apel kesiapsiagaan bencana  Hidrometereologi di Aloon- aloon kota Ponorogo, Kamis (12/11/2020).Antisipasi  untuk meminimalisir risiko bencana harus dilakukan  karena resiko  bencana  berdampak  pada ekonomi  masyarakat. Ketika terkena bencana maka ekonomi masyarakat setempat bisa berkurang bahkan lumpuh. Begitu juga bagi pemerintah bencana bisa menjadi beban tersendiri karena banyaknya infrastruktur yang rusak .  

“Saya berharap semua dipetakan sedini mungkin kekuatan kita dalam menghadapi potensi bencana Hidrometereologi musim penghujan ini. Baik potensi kekuatan personil maupun kekuatan peralatan. Untuk  itu semua harus saling bersinergi termasuk dengan satgas covid daerah, “jelas PLT. Bupati Sudjano.   

Sudjarno meminta BPBD, Polri, TNI ,OPD dan relawan kebencanaan perlu mengambil langkah kongrit untuk mengantisipasi bencana Hirdrometrologi. Langkah pertama salah satunya adalah apel  kesiapsiagaan bencana untuk evaluasi kekuatan. Kedua, membentuk posko kesiapsiagaan bencana untuk  memantau informasi terkini potensi bencana seperti  infomasi BMKG. Ke 3, menyiagakan seluruh sumber daya berkoodinasi dengan TNI, Polri,instansi vertikal, relawan,serta bersinergi dengan satgas covid 19-di daerah. Ke 4 menyiapkan rambu- rambu dan petunjuk evakuasi bencana . Ke 5,  mempersipkan penanggulangan bencana  bersinergi dengan satgas covid-19 . Ke 6, memaksimalkan peran BPBD sebagai koordinator penanggulangan bencana.

“Pneting juga untuk terus mensosialisasikan  kepada masyarakat terkait kesiapsiagaan bencana ditegah pandemi ini. Dengan tetap menyiapkan cadangan  masker, handsanitaser dan senantiasa disiplin protokol kesehatan , “tegas Sudjarno.(wid)

Berita ini 0 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg

Dinamika Aktual

Fogging DBD di Lingkungan Kelurahan Kepatihan, Upaya Pencegahan Selain 3M Plus