Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 16 November 2022 - 10:49 WIB

YBM BRI Ponorogo Berikan ATM Beras Hingga Stimulus Petani Gurem

YBM BRILiaN Ponorogo Lounching  Program ATM Beras bersma Kang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko di Masjid An-Nur , Jln. Dieng  pada Selasa ( 15/11.2022)

YBM BRILiaN Ponorogo Lounching Program ATM Beras bersma Kang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko di Masjid An-Nur , Jln. Dieng pada Selasa ( 15/11.2022)

DUTANUSANTARAFM.COM :  Yayasan Baitul Maal  (YBM) BRILiaN  Ponorogo  melounching program  ATM Beras di Masjid An-Nur Jl. Dieng No.112 Bangunsari Ponorogo, Selasa malam ( 15/11/2022). Lounching dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang (Pinca)  BRI Ponorogo R. Pandu Bagja Sumawijaya  didamping Dadan Firdaus selaku Ketua YPM BRILiaN Ponorogo  dan dihadiri Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko . Program ATM beras ini   untuk wilayah BRI di eks Karesidenaan madiun adalah yang pertama kalinnya dari   30 unit ATM beras yang di Programkan  oleh  BRI Kanwil  Malang. Ada 50 orang dari Jemaah masjid An- Nur  yang mendapatkam kartu Atm Beras ini . Mereka setiap satu pekan bisa mengambil beras sebanyak 2,5 kg melalui ATM Beras yang sudah terpasangan di sudut sebelah selajan masjid.

R.Pandu Bagja Sumawijaya Pinca BRI Ponorogo bersama Bupati Sugiri Sancoko Bagikan ATM Beras di Masjid An-Nur Jln.Dieng Ponoroog, Selasa ( 5/11/2022)

 

“Yayasan Baitul Maal BRI ini  mengelola dana zakat pegawai BRI kemudian penyalurannya  diantarannya untuk   ATM Beras  yang diperuntukkan bagi  mustahiq zakat sebanyak  50  orang . Program  akan dilasknakan selama 1 tahun kemudian  setelahnya  alat akan di hibahkan , ditaruhnya di masjid  untuk dikelola oleh mereka sendiri. Harapannya   progam ini  mampu  memakmurkan masjid , biar  masyarakat  lebih  greget ke masjid, “ ungkap Dadan Firdaus, Ketua YPM BRI Ponorogo  pada dutanusantarafm.com, Selasa(15/11/2022)

Data dari YBM BRI Ponorogo pemberdayaan ekonomi yang saat ini sedang berjalan adalah pemberdayaan ekonomi  kepada 2 kelompok  peternak domba pedaging  di Kecamatan Sokoo . Ada 100 ekor domba yang disalurkan sebagai stimulus ekonomi . Pendampingan pemberdayaan  pada 2 kelompok petani  budidaya  tanaman gambas di  Desa Bangsalan  Kecamatan Sambit dan Petani Budidaya terong ungu di  Desa  Glinggang Kecamatan Sampung.,

“Petani ini adalah petani penggarap  kemudian kita kasih batuan modal yang di hibahkan  karean mereka adalah  kategori mustahiq zakat.  Untuk pemberdayaan UMKM pertanian ini rogram sudah kita jalankan selama 3 tahun.. Harapannya stimulus  pemberdayaan ekonomi  yang kita berikan mampu  membuat para petani penggarap ini lepas dari kemiskinan  dan lebih mandiri.  Lebih lagi para petani  kedepan punya lahan sendiri dan bisa pinjam modal dari BRI, “jelas Dadan Firdaus.

Hal senada juga disampaikan  Pimpinan Cabang (Pinca)  BRI Ponorogo  Raden Pandu Bagja Sumawijaya. Lebih lanjut, Pandu mengungkapkan selain melakukan  penyaluran dana pada program-program sosial  YBM BRI juga melakukan pemberdayaan disektor  pendidikan dan ekonomi .

“Selain  ATM Beras ,  YBM BRILiaN juga melaksanakan program sunatan massal kemudian pemberian beasiswa mulai tingkat sekolah dasar, SLTP, SLTA hingga perguruan tinggi.  Sedangkan untuk pemberdayaan ekonomi  ada  beberapa kelompok petani gurem atau petani pekerja yang kita lakukan pendampingan hingga pemberian  modal sebagai stimulus usaha pertanian mereka agar mandiri , “terang R. Pandu Bagja Sumawijaya.  (wid)

 

Berita ini 93 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024