Home / Dinamika Aktual / Highlight News

Rabu, 20 Januari 2021 - 12:20 WIB

Si Jalil Penyintas Covid, Kampayekan Anti Diskriminasi Pada Masyarakat

Abdul Jalil bersama pasien terpapar korona sedang  berjemur  saat menjalani isolasi di RSUD Dolopo

Abdul Jalil bersama pasien terpapar korona sedang berjemur saat menjalani isolasi di RSUD Dolopo

DUTANUSANTARAFM.COM : Abdul Jalil seorang wartawan Madiunpos.com akhirnya bernafas lega setelah pada Sabtu (16/01/2021)  bisa keluar dari ruang isolasi RSUD. Dolopo setelah hasil swab terahirnya dinyatakan negatif. Jalil, sebelumnya dinyatakan reaktif berdasarkan rapid tes massal terhadap wartawan se kabupaten Madiun yang difasilitasi oleh Pemerintah kabupaten Madiun. Dansetelah dilanjutkan dengan tes usap dinyatakan hasilnya  positif . Sempat menjalani isolasi mandiri dalam 2 hari di rumah. Jalil akhirnya dijemput tim nakes  untuk dilakukan isolasi dan perwatan di RSUD Dolopo Madiun, sejak Kamis  31 Desember 2021.

Jalil menceritakan sebelum ikut menjalani rapid tes dirinya sudah  menderita flu dan badannya meriang. Sehingga dirinya sudah merasa setengah siap untuk ikut rapit tes dan jika dinyatakan hasilnya reaktif. Meski begitu tenyata secara  psikologis  sempat terguncang juga begitu mengingat dan memikirkan istrinya yang lagi hamil muda dan anak pertamanya yang masih balita. Apalagi, jalil merupakan keluarga perantauan sehingga berkecamuk banyak kekhawatiran.

“Orang sakit itu sedang down sehingga butuh dukungan mental dan moral dari kalangan terdekatnya. Saya sangat senang karena banyak yang mendoakan dan memberi dukungan saya melawan virus ini. Setiap hari ada kawan yang menghubungi via telepon maupun video call. Bagi saya, itu penguatan imun secara sederhana yang efekti,” ungkap jalil.

Sehingga dirinya  tidak lagi berpikir sebagai orang yang terdiskrimnasi karena terjangkit Covid-19. Begitu juga istri dan anak di rumah, mereka melakukan isolasi mandiri dengan taat. Benar-benar menutup akses dari dunia luar. Untuk kebutuhan hidup disokong oleh para tetangga dan teman.

Namun selama di RSUD Dolopo, Jalil mengaku mendengarkan banyak cerita dari para penderita Covid-19  yang nasibnya tidak sebagus dirinya. Karena keluarganya di rumah  dikuncilkan dan kurang mendapat dukungan teman, tetangga, lingkungan dan bahkan saudaranya. Hal itu mungkin  karena ketakutan berlebihan sehingga takut mendekat  dan bertinteraksi sama sekali. Belum lagi biasanya ada yang menyalah nyalahkan.

“Sampai saat ini memang banyak orang terpapar yang menyembunyikan kasusnya dari publik. Entah apa alasannya, yang pasti ketidakjujuran akan menghambat proses tracing dari petugas. Saya , beruntung karena lingkungan saya wartawan yang sudah terbiasa dengan masalah dan informasi covid maka teman teman tidak terlalu kaget lagi,”jelasnya.

Saya berharap melalui tulisan saya dan di bantu teman teman wartawan lain yang ikut  menulis kisah saya ini tidak ada lagi  cerita pengucilan atau diskrimansi terhadap  pasien terkonfirmasi positif korona, keluarganya maupun pada penyintas. Sesungguhnya , ketika semua mentaati protokol kesehatan kan terhindar dari penularan.  

“Jangan dikucilkan . Ketika ada teman atau tetangga kalian yang terpapar, tolong jangan dikucilkan. Covid-19 bukan penyakit aib. Cukup jauhi penyakitnya, bukan orangnya. Kalau dikucilkan, penderita akan semakin berkecil hati dan justru akan merugikan orang lain.Terpenting, harus selalu mencuci tangan sehabis beraktifitas apapun, memakai masker dan menjaga jarak. Karena terbukti, ketika selalu memakai masker tidak ada teman saya yang ikut tertular ,”terang Abdul Jalil kepada dutanusantarafm.com, Selasa (19/01/2021). (wid)

 

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Gempar, Warga Badegan ditemukan meninggal di tempat tidur

Dinamika Aktual

Akibat Tumpahan Oli, Lebih dari 10 Motor Tergelincir di Jalan Letjen Suprapto Ponorogo

Dinamika Aktual

Kehabisan Kantong , Donor Darah Hari Bhakti Adhyaksa ke 64 Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri : Dicarikan Solusi agar minat sekolah di SDN tidak menurun terus

Dinamika Aktual

Melalui REC Pemkab Ponorogo dan PLN Berkomitmen Kurangi Emisi Karbon

Dinamika Aktual

Pilkada Ponorogo 2024 Siap Dilaunching

Dinamika Aktual

Petugas Satpol PP Ponorogo Sita Puluhan Bungkus Rokok Ilegal dari Jasa Pengiriman Paket

Dinamika Aktual

Ribuan batang rokok illegal diamanakan dari sejumlah toko di Ponorogo