Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Senin, 10 Oktober 2022 - 15:33 WIB

Sesuai SNI, Puluhan Speedboat Telaga Ngebel Laik Operasi

STANDAR SNI : Tim Dishub Provinsi Jawa Timur saat mengecek spek speedboat di Telaga Ngebel, Selasa (4/10/2022).

STANDAR SNI : Tim Dishub Provinsi Jawa Timur saat mengecek spek speedboat di Telaga Ngebel, Selasa (4/10/2022).

Dutanusantarafm.com – Ratusan bahkan ribuan pengunjung kawasan wisata Telaga Ngebel, Kabupaten Ponorogo boleh merasa tenang saat menikmati layanan speedboat. Puluhan unit speedboat atau perahu mesin tersebut, sudah dinyatakan aman karena sudah sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Camat Ngebel, Dwi Cahyanto menuturkan pernyataan itu bukan isapan jempol semata. Karena sebanyak 57 unit speedboat tersebut sudah dicek kelaikannya oleh Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Pengumpan Regional (UPT P2R) dan juga Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) Wilayah 11 Jatim.

‘’Untuk kegiatannya sudah kami laksanakan pada Selasa (4/10/2022) lalu. Jadi silahkan berkunjung bagi warga masyarakat yang ingin menikmati wisata air di daerah kami,’’ kata Dwi, Senin (10/10/2022).

Pengecekan fisik puluhan unit speedboat itu, lanjut Dwi meliputi kondisi mesin, ukuran diameter perahu, kualitas fiber hingga kapasitas penumpang. Termasuk, teknik-teknik operator saat mendampingi wisatawan dalam menikmati wisata air di telaga tersebut.

Selain itu, Dwi menuturkan tidak hanya mengecek kelaikan fisik perahu tim dari Dinas Perhubungan Jawa Timur itu juga menekankan kepada para operator dan pemilik agar lebih mengutamakan safety saat berlayar. Penggunaan pelampung, serta disiplin dalam mengangkut jumlah penumpang.

‘’Karena jika over kapasitas bisa lebih berbahaya. Setiap unit itu berbeda seat atau tempat duduk. Ada yang empat ada yang lima orang,’’ terangnya.

Marak Unit Speedboat, Operator Pilih Bergantian Operasi

Sementara itu, dengan jumlah 57 unit speedboat saat ini para pengusaha transportasi wisata air yang tergabung dalam komunitas speedboat di Telaga Ngebel memilih untuk beroperasi secara bergiliran. Mengingat, kunjungan wisata di Telaga Ngebel paling banyak terjadi pada akhir pekan atau hari libur.

‘’Terkait kondisi itu, komunitas atau paguyuban operator di tempat kami sudah bersepakat untuk memberlakukan sistem sif, atau bergantian saat beroperasi,’’ katanya.

Jika hari kerja atau aktif, yakni Senin sampai Jumat biasanya hanya dua sampai tiga unit. Sedangkan saat akhir pekan, atau hari libur biasanya ada 10 unit speedboat yang akan beroperasi. Untuk jadwal, biasanya anggota komunitas sudah memiliki jadwal masing-masing. (Umi Duta)

 

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Gempar, Warga Badegan ditemukan meninggal di tempat tidur

Dinamika Aktual

Akibat Tumpahan Oli, Lebih dari 10 Motor Tergelincir di Jalan Letjen Suprapto Ponorogo

Dinamika Aktual

Kehabisan Kantong , Donor Darah Hari Bhakti Adhyaksa ke 64 Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri : Dicarikan Solusi agar minat sekolah di SDN tidak menurun terus

Dinamika Aktual

Melalui REC Pemkab Ponorogo dan PLN Berkomitmen Kurangi Emisi Karbon

Dinamika Aktual

Pilkada Ponorogo 2024 Siap Dilaunching

Dinamika Aktual

Petugas Satpol PP Ponorogo Sita Puluhan Bungkus Rokok Ilegal dari Jasa Pengiriman Paket

Dinamika Aktual

Ribuan batang rokok illegal diamanakan dari sejumlah toko di Ponorogo