Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 16 Desember 2022 - 11:45 WIB

Gerakan Pelatihan Pupuk Organik Mampu Tekan Penggunaan Pupuk Kimia

Poktan Tani Mulyo, Desa Pulung Merdiko mengolah lombah ternak menjadi pupuk  organik, Sabtu (10/12/2022)

Poktan Tani Mulyo, Desa Pulung Merdiko mengolah lombah ternak menjadi pupuk organik, Sabtu (10/12/2022)

DUTANUSANTARAFM.COM :  Ponorogo- Ada 10 Kelompok Tani di Kabupaten Ponorogo pada APBD Induk 2022 mendapatkan program pelatihan pembuatan pupuk organik melalui  Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan  (DIPERTAHANKAN) . Selanjutnya pada APBD Perubahan ada tambahan 3 kelompok yang mendapatkan program  bimtek pembuatan pupuk organik.  Pelatihan ini adalah salah satu gerakan  perubahan mindset agar para petani mampu dan mau memanfaatkan limbah- limbah organik di sekitarnya untuk pembuatan pupuk organik sekaligus dalam rangka gerakan mengurangi penggunaan pupuk kimia dan mengurangi ketergantugan pupuk kimia bersubsidi. Diharapkan , kedepan  petani menjadi mandiri dan tidak tergantung pupuk kimia dan pupuk bersubsidi pemerintah . Sekaligus , mempersiapkan petani   kemungkinan pencabutan subsidi pupuk kimia  oleh pemerintah.

“Pada pelatihan ini , kita juga membantu menggandengkan kelompok yang memproduksi pupuk dengan perusahaan untuk pemasarannya . Sehingga proses produksi yang dilakukan oleh kelompok berkelanjutan , “ungkap Tri Budi  Widodo selaku Kepala Seksi Produksi dan Tanaman Holtikultura Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Ponorogo, Jumat (16/12/2022).

Tri Budi  Widodo selaku Kepala Seksi Produksi dan Tanaman Holtikultura Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Ponorogo saat  mendapingi kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik di lapangan menyampaikan  jumlah poktan ada 1600 kelompok. Sehingga pelatihan tahun 2022 yang hanya 13 ini belum cukup . Namun , ini bisa menjadi awal gerakan yang nanti akan dikembangkan dan dilanjutkan pada tahun 2023.

“Sebagai langkah lanjutan , kita akan terus melakukan pendampingan rencana tidak lanjut kelompok paska pelatihan. Sehingga kegiatan kelompok terus berkembang bahkan diharapkan memotivasi kelompok  lainnya yang pada tahun sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan bahkan mendapatkan bantuan mesin pengolah pupuk organik juga, “jelas Tri Budi  (  wid) ,

Berita ini 82 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024