Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Senin, 1 Agustus 2022 - 10:39 WIB

Dalam Tiga Hari, Dinas LH Bersihkan Sampah Hingga Tiga Ton

Kamsun (kanan berdiri) berfoto bersama tim usai membersihkan Alun-alun Ponorogo pada Minggu (31/07/2022).

Kamsun (kanan berdiri) berfoto bersama tim usai membersihkan Alun-alun Ponorogo pada Minggu (31/07/2022).

Dutanusantarafm.com- Tidak hanya kerusakan tanaman, kunjungan masyarakat dalam menyaksikan rangkaian Grebeg Suro 2022 juga memicu kenaikan volume sampah plastik. Tiga hari terakhir, petugas memindahkan sampah hingga tiga ton.

Kabid Pengelolaan Sampah dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo, Kamsun menyampaikan penambahan volume sampah terjadi di sejumlah titik. Seperti Alun-alun, serta jalur kirab yakni mulai dari kawasan Pasar Pon hingga Alun-alun.

“Dua titik itu yang paling signifikan penambahannya. Tiga hari terakhir ini, setiap hari kami memindahkan satu ton sampah,” katanya, Minggu (31/07/2022).

Sampah- sampah itu, kata Kamsun merupakan sampah kering yakni berupa plastik dan kertas. Biasanya, sampah itu berasal dari bungkus makanan maupun minuman. Sampah-sampah itu diangkut dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mrican.

“Untuk rute kirab, langsung kami bersihkan malam itu juga. Pagi harinya tim membersihkan Alun-alun. Termasuk hari ini, kemarin dapat satu ton. Hari ini juga, Jumat juga sekitar 1 ton,” terangnya.

Khusus Alun-alun, imbuh Kamsun biasanya dia hanya mengoperasikan satu pick up. Namun kali ini, dia mengerahkan satu unit kontainer untuk memindahkan sampah-sampah tersebut.

Selain berjubel di tong sampah, sampah- sampah itu juga berserakan di sejumlah titik di Alun-alun. Sehingga sangat mengganggu pemandangan.

Apakah tidak ada penambahan titik tempat sampah, Kamsun mengaku tidak ada penambahan khusus dalam acara kali ini. Berkaca pada tahun lalu, penambahan tong sampah juga tidak memberikan dampak apapun. Masyarakat tetap saja membuang sampah di sembarang tempat.

“Ditambahpun juga percuma. Warga tetap saja buang sampah sembarangan. Jadi kami memang tidak menyediakan tong sampah tambahan,” tegasnya. (Umi Duta)

 

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Gempar, Warga Badegan ditemukan meninggal di tempat tidur

Dinamika Aktual

Akibat Tumpahan Oli, Lebih dari 10 Motor Tergelincir di Jalan Letjen Suprapto Ponorogo

Dinamika Aktual

Kehabisan Kantong , Donor Darah Hari Bhakti Adhyaksa ke 64 Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri : Dicarikan Solusi agar minat sekolah di SDN tidak menurun terus

Dinamika Aktual

Melalui REC Pemkab Ponorogo dan PLN Berkomitmen Kurangi Emisi Karbon

Dinamika Aktual

Pilkada Ponorogo 2024 Siap Dilaunching

Dinamika Aktual

Petugas Satpol PP Ponorogo Sita Puluhan Bungkus Rokok Ilegal dari Jasa Pengiriman Paket

Dinamika Aktual

Ribuan batang rokok illegal diamanakan dari sejumlah toko di Ponorogo