Home / Highlight News / Hukum dan Politik / Kabar Kota Kita

Jumat, 25 Desember 2020 - 11:06 WIB

Overload Kunjungan Ke Telaga Ngebel Diberlakukan Buka Tutup

Dutanusantarafm-Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olah raga (Disbudparpora) Kabupaten Ponorogo akan mengawasi secara ketat tingkat kunjungan di wisata telaga Ngebel masa Liburan Natal dan Tahun baru 2021. Agar tidak terjadi over load maka akan dilakukan pengaturan alur pengunjung ke obyek wisata di lereng gunung wilis ini.

Kepala Disbudparpora Ponorogo Agus Sugiharto mengatakan petugas akan mengatur flow pengunjung jangan sampai terjadi over load. Pengaturan ini penting untuk menghindari penumpukan pengunjung yang melebihi kapasitas. Bila over load terjadi yang dikhawatirkan akan ada kerumunan yang mana hal tersebut berpotensi terjadi penyebaran covid 19. “kerumunan pengunjung harus dicegah karena itu flow pengunjung akan diatur untuk menghindari overload” terangnya,

Pengelolaan obyek wisata di Ponorogo sudah sejak lama diberlakukan era kebiasaan baru (new normal). Bagi pelaku jasa wisata, pelaku usaha di tempat wisata, penerapan 3 M menjadi perhatian tersendiri oleh Disbudparpora Ponorogo. Karena itu bila terjadi peningkatan jumlah pengunjung penerapan protokol kesehatan akan dilakukan pengawasan secara ketat.

Agus menambahkan bila jumlah pengunjung melebihi kapasitas atau over load maka akan dilakukan , rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup. Selain itu jumlah pengunjung akan dibatasi. Perhitungan untuk jumlah maksimal pengunjung di obyek wisata telaga Ngebel sesuai dengan daya tampung adalah 6 – 7 ribu orang. “Meski obyek wisata ngebel sangat luas karena saat ini masa pandemi covid 19 maka petugas akan melakukan monitoring keliling telaga secara rutin”jelasnya.

Pada bagian lain guna mendukung keamanan dan ketertiban serta pelaksanaan protokol kesehatan di wisata Ngebel, saat ini juga telah didirikan pos pengamanan operasi lilin semeru 2020. Pos pam ini melibatkan, Polres, Kodim 0802, Dinas Perhubungan, Bpbd, Satpol PP, termasuk Dinas Kesehatan. (de)

Share :

Baca Juga

Highlight News

Empat sumur dalam akan dibangun di 4 desa langganan kekeringan Ponorogo

Hukum dan Politik

Si Udin Jadi Buruan Media Gara- Gara Jadi Dewan PPP

Highlight News

Paska Dilantik, Ketua DPRD Ponorogo Ajak Para Anggota Dewan Tak Khianati Rakyat

Highlight News

Lagi-lagi head to head, Ipong mengaku deg-degan, merinding namun bahagia

Highlight News

KPU Ponorogo gandeng RSPAL dr.Ramelan untuk tes kesehtan paslon

Highlight News

Ali Mufthi Jabat Plt Ketua DPD Golkar Ponorogo

Highlight News

Bersama Koalisi Kemenangan Rakyat Sugiri Sancoko-Lisdyarita Mendaftar di KPU Ponorogo

Highlight News

Tak kapok, Pria ini tiga kali ketangkap mencuri uang kotak amal