Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita
Trending

Warga Nguncup Ketakutan , Tanahnya Terus Bergerak Meski Tak Hujan,

DUTANUSANTARAFM.COM : Sebanyak  36 jiwa  warga  Lingkungan Poko Dusun Nguncup Desa Bekiring tiap hari diliputi rasa ketakutan  akan bencana tanah retak yang semakin besar sewaktu-waktu  bisa menimpa mereka. Pasalnya,  meski tidak sedang hujan setiap hari warga merasakan adanya pergerakan tanah ambles.  Selama 3 hari ini , sejak Sabtu ( 13/05/2023)-Senin (15/05/2023) tidak terjadi turun hujan namun keretakan tanah terus melebar bertambah hingga 5 cm. Merasakan terus ada getaran warga terdampak akhirnya memutuskan tidur di pengungsian .

“Saya dan keluarga khawatir ketika kita tertidur tiba –tiba tanah ambles begitu bagaiamana? ya lebih baik mengungsi karena rumah kita juga sudah retak –retak, “ungkap Senun salah satu lansia yang mengungsi kepada dutanusantarafm.com. Senin ( 15/05/2023).

Senun menceritakan kawasan lingkungannya yang terdampak tanah retak seluas 8  hektar yang di huni oleh 14 KK. Bencana tanah retak ini sudah terjadi sejak 2017 lalu. Warga  bertahan karena tidak punya pilihan mau pindah kemana lagi .

“Namun sekarang ini kita tidak bisa bertahan lagi karena keretakannya terus bertambah , rumah juga sudah rusak  sedangkan pergerakan tanah terus terjadi yang membuat  warga  selalu diliputi ketakutan.  Tahun kemarin sudah ada 8 KK yang pindah  rumah karena bencana tanah retak ini . Kepindahan mereka  tanpa ada bantuan sama sekali dari pemerintah . Kami yang  14 Kk ini minta kepada pemerintah  untuk dibantu direlokasi  , “terang Senun. (wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close