Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 23 Oktober 2020 - 20:38 WIB

Tetap Semangat , Recovery Ekonomi Eks Pekerja Migran Ditengah Pandemi Korona

Para eks pekerja migran  Ponorogo bersemangat memproduksi baglog jamur  untuk ememulihkan ekonomi mereka , meski masih dalam suasana pandemi covid-19

Para eks pekerja migran Ponorogo bersemangat memproduksi baglog jamur untuk ememulihkan ekonomi mereka , meski masih dalam suasana pandemi covid-19

,

DUTANUSANTARAFM.COM:  Para eks pekerja migran  di desa lembah Kecamatan Babadan, Ponorogo, Selasa ( 23/10/2020) tetap semangat memproduksi bag log jamur tiram meski penjualan mereka melesu sejak pandemi covid-19 . Eks Pekerja Migran dan keluargannya yang tergabung dalam Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) Lembah mulai bangkit lagi setelah  beberapa waktu lalu sempat vakum tidak berproduksi karena penutupan sejumlah akses wilayah. Namun sekarang ini mereka mencoba bangkit untuk proses recovery ekonomi keluarga mereka.

Mariono anggota KKBM Lembah asal Desa Wayang Kecamatan Pulung , Ponorogo ini mengaku  usaha kelompok mereka sempat tersendat pada awal awal pandemi covid-19. Adanya penyekatan di jalur perbatasan Ponorogo- Trenggalek dan Ponorogo- Madiun beberapa waktu lalu membuat petani jamur ini tidak bisa mendatangkan baglog jamur.  Namun masalah  tersebut malah membuat mereka semangat belajar untuk memproduksi baglog jamur sendiri.  

“Jadi bencana pandemi covid-19 bagi kami adalah masalah sekaligus peluang . Karena akhirnya kami terpaksa belajar membuat bag log jamur sendiri dan sekarang  sudah produksi sendiri. Bahkan beberapa anggota di kecamatan Jenangan dan Pulung  membuat rumah kumbung sendiri, “ terang Maryono.

Hal senada juga diungkapkan Siti lestari ketua kelompok budidaya jamur “ Berkah Mulia” . Siti menceritakan bahwa sejak pandemi covid-19 ekonomi keluarga memang terpengaruh namun  kesulitan ini malah memunculkan  ide ide baru dalam usaha. Selain menekuni budidaya jamur bersama kelompoknya Siti lestari juga memproduksi tempe dan kerupuk jamur.

“Alhamdulillah tidak kesulitan dalam  usaha terpenting itu berani berjuang. Usaha tempe juga cukup lancar bahkan bisa mempekerjakan orang . Ini kan malah bsia saling membantu,”terangnya kepada dutanusantarafm.com , Jumát ( 23/10/2020). (wid)

Berita ini 1 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB

Dinamika Aktual

Laka Tabrak dari belakang di Jenangan, Akibatkan Satu Korban Meninggal Dunia