Home / Kabar Kota Kita

Kamis, 1 September 2022 - 16:19 WIB

Terus Berinovasi, Imigrasi Ponorogo Sosialisasikan Aplikasi M-Paspor dan SDawet Jabung

Dutanusantarafm-Imigrasi Ponorogo terus mengembangkan pelayanan berbasis digital guna memberikan kemudahan masyarakat. Salah satunya dengan pengenalan Aplikasi M-Paspor dan inovasi terbarunya SDawet Jabung atau Satu Data Warta Elektronik Jaringan Terhubung di Ponorogo.

Aplikasi dan inovasi itu pada Kamis (1/9/2022) disosialisasikan oleh Imigrasi Ponorogo di Hotel Maesa Ponorogo yang dihadiri oleh perwakilan instansi terkait, Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI), dan institusi pendidikan di Kabupaten Ponorogo.

” Kita akan terus mensialisasikan inovasi inj agar bisa segera dikenal masyarakat,” ujar Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Reindy S. Yuniarto saat menyampaikan laporan Ketua Panitia.

Kepala Kantor Imigrasi Ponorogo, Perdemuan Sebayang, dalam sambutannya mengatakan bahwa M-Paspor ini adalah salah satu inovasi dari Direktorat Jenderal Imigrasi yang memudahkan masyarakat untuk melakukan permohonan paspor.

Selain M-Paspor, Kantor Imigrasi Ponorogo juga turut berinovasi dalam memberikan layanan informasi dan pengaduan yang bisa diakses dalam satu genggaman melalui aplikasi SDawet Jabung.

“Sosialisasi ini semoga dapat memberikan informasi dan memberikan manfaat pada masyarakat serta meningkatkan kolaborasi dan koordinasi antar instansi terkait khususnya di Kabupaten Ponorogo,” harapnya.

Sementara itu analis keimigrasian pertama Arie Dwi Anggara dalam pemaparanya menyampaikan urus paspor akan semakin mudah dengan Aplikasi M-Paspor, mengisi data diri, mengupload berkas persyaratan, mendapatkan kode billing untuk pembayaran, dan memilih kantor imigrasi serta tanggal kedatangan dari rumah masing-masing untuk kemudian pemohon tinggal melaksanakan foto dan wawancara di kantor imigrasi.

Pada kesempatan yang sama Analis Keimigrasian Pertama, Dandy Herlambang, memaparkan inovasi terbaru Kantor Imigrasi Ponorogo yakni SDawet Jabung. Data, Warta Elektronik, dan Jaringan terhubung menjadi menu utama dalam aplikasi ini. Data yang berguna menyampaikan data statistik WNI dan WNA. Lalu, Warta Elektronik yang memuat tentang informasi keimigrasian termasuk regulasi dan Standar Operasional Prosedur (SOP). Sedangkan Jaringan Terhubung yang memungkinkan masyarakat bisa menyampaikan pengaduan, saran, dan booking layanan inovasi serta cek alur permohonan.

Melalui Aplikasi SDawet Jabung, masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan mengakses informasi dan melakukan pengaduan karena SDawet Jabung sangat user friendly, tanpa instalasi, dan dapat diakses dimana saja cukup dengan browser dengan alamat url sdawetjabung.com.

Selain tanya jawab antara peserta dengan narasumber, dilakukan juga mini quiz pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan dengan hadiah merchandise yang telah disiapkan oleh panitia. Kegiatan sosialiasi berlangsung dengan interaktif dan mendapat apresiasi dari para peserta. (de)

Berita ini 63 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Grebeg Suro 2024 Dilaunching, Bupati Sugiri : Angkat Martabat Budaya Ponorogo di Kancah Dunia

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB