Home / Highlight News / Kabar Kota Kita / Sekitar Kita

Senin, 26 Oktober 2020 - 07:35 WIB

Terbiarkan, Kasus Lahan Relokasi Gajah Di Sampaikan Ke Johan Budi

 Anggota komis II DPR RI Dari fraksi PDIP Johan budi saat bertemu Kepala ATR/ BPN Ponoroog Arya Iswana

Anggota komis II DPR RI Dari fraksi PDIP Johan budi saat bertemu Kepala ATR/ BPN Ponoroog Arya Iswana

DUTANUSANATARAFM.COM : Kunjungan kerja  Anggota DPR RI  dari fraksi PDIP Johan Budi Sapto Pribowo ke kantor  ATR/ BPN Ponorogo menerima 2 pengaduan terkait sengketa pertanahan. Ada dua sengketa pertanahan melibatkan  masyarakat dan lembaga pemerintah yang sudah bertahun tahun terbiarkan tanpa penyelesaikan. Bahkan selama ini terkesan dibiarkan tak diurus, tanpa ada inisiatif untuk menuntaskannya. Pertama sengketa tanah milik PT.KAI terutama di jalur- jalur non aktif  dan kedua  permasalahan lahan relokasi warga Desa Gajah Kecamatan Sambit. Kedua permasalahan tersebut selama belasan tahun menggantung .

Kepala ATR/BPN Ponorogo Arya Iswana menyampaikan hal tersebut kepada Anggota Komisi II DPR RI Johan Budi  Sapto Pribowo, Selasa (20/10/2020) . Permasalahn tentang tanah milik PT. KAI di jalur jalur non aktif terjadi tidak saja di Ponorogo tapi juga diberbagai daerah lainnya sehingga penyelesaiannya harus ada campur tangan pusat . Begitu pula dengan dengan permasalahan lahan relokasi bagi warga satu RT di Desa Gajah kecamatan Sambit yang sudah 15 tahun lebih tak terselesaikan.

“Karena bencana alam sekitartahun 2005 silam , mereka harus dilakukan relokasi ke tahan milik perhutani. Sementara tanah milik mereka sudah dilepaskan hak miliknya  namun hingga kini mereka belum mendapatkan hak  milik atas lahan penggantinnya.  Saya berharap  permasalahan ini bisa di bantu oleh pemerintah pusat untuk menyelesaikannya karena kasihan kepada masyarakat ,”jelas Arya Iswana kepada Johan Budi Sapto Pribowo saat  dialog .

Sementara itu mantan Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Pribowo menanggapi hal tersebut mengaku kedatanganya kedaerah daerah dalam rangka untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi masyarakat . Dan permasalahan ini memang masuk dalam komisinnya .

“Masalah ini tidak bsa di selesaikan secara parsial sehingga saya akan membawa permasalahan ini ke pusat. Kita akan sampaikan kepada kementerian LH dan juga PT.KAI  saat dengar pendapatnanti  ,” terang Johan Budi. (WID)

Berita ini 1 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Rawan Pilkada 2024 di Jatim Dinamis, 6 Daerah Jadi Perhatian

Dinamika Aktual

Polda Jatim Baksos dan Bansos Hari Bhayangkara 2024 di Ngumpul Balong Ponorogo

Dinamika Aktual

Kandang Terbakar Habis, Belasan Ternak Nyaris Jadi Korban

Dinamika Aktual

Sosialisasi Tribina Menyongsong Kampung KB Kelurahan Kepatihan Ponorogo

Dinamika Aktual

Kabar Duka, Jemaah Haji asal Desa Lengkong Sukorejo Ponorogo Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

Titiek Soeharto Resmikan Monumen Patung HM Soeharto di Badegan, ini Harapannya.

Dinamika Aktual

Nasdem Pasangkan Ipong Muchlissoni – Segoro Luhur pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Motor Roda Dua Vs Mobil Ambulans Desa di Pulung, Satu Korban Meninggal Dunia