Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Jumat, 1 Juli 2022 - 14:58 WIB

Tekan Risiko Stunting pada Ibu Hamil, PPKB Siapkan Layanan Elsimil

Dutanusantarafm.com- Tingginya angka stunting yang mencapai 20 persen dari total populasi anak di Kabupaten Ponorogo, menjadi perhatian serius Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) setempat. Salah satu pencegahannya, dengan menyiapkan aplikasi elsimil bagi calon pengantin atau catin.

Kepala Dinas PPKB setempat, Harjono mengatakan elsimil merupakan aplikasi elektronik siap nikah dan siap hamil. Melalui aplikasi tersebut, pemerintah bisa memantau kesiapan pasangan.

“Kami sudah bekerjasama dengan tim pendamping disetiap desa dan kelurahan. Mereka yang akan mendampingi para calon pengantin, saat mengisi form aplikasi, ” katanya kemarin (1/07 2022).

Harjono menuturkan, sebelum menggelar akad nikah pasangan catin diminta untuk mengisi form elsimil. Ada beberapa indikator dan variabel yang wajib diisi. Seperti usia pasangan, berat badan, status gizi, hingga perilaku merokok dan keterpaparan.

Dari hasil isian variabel serta indikator tersebut, lanjut Harjono sistem akan menilai apakah pasangan catin itu tergolong ideal atau tidak untuk kesiapan hamil. Jika tidak, akan dilakukan pendampingan sampai calon ibu siap hamil.

“Jika ada notice merah, sebisa mungkin agar kehamilan ditunda. Jika sudah siap, dengan catatan sudah terpenuhi gizi dan nutrisi silahkan,” imbuhnya.

Untuk tim pendamping, lanjut Harjono saat ini tercatat ada 731 petugas. Mereka tersebar di 21 kecamatan. Setiap desa ada satu sampai dua tim pendamping. Terdiri dari tiga orang, yakni kader KB, kader PKK dan bidan desa. (Umi Duta)

Berita ini 2 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024