Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Tebang Lima Pohon Jati, Warga Sampung Ini Diamankan Polisi

Dutanusantarafm-Petugas Polsek Sampung bersama perhutani setempat berhasil mengamankan Sarimo (59) warga Sampung Ponorogo,pada Rabu (17/02/2021). Pria tersebut diamankan di rumahnya beserta puluhan batang kayu jati berbagai ukuran yang dicurinya dari hutan desa Nglurup.

Pengungkapan kasus itu bermula dari temuan lima Tunggak pohon jati oleh petugas perhutani. Temuan itu lalu dilaporkan ke petugas polsek untuk ditindaklanjuti. Dari hasil penyelidikan mengerucut pada seorang pria bernama Sarimo.

Kapolsek Sampung Iptu Marsono mengatakan saat petugas mendatangi rumah yang bersangkutan didapati barang bukti yang diduga hasil kejahatannya. Lima pohon jati yang telah ditebang pelaku telah dipotong-potong dengan berbagai ukuran. Yaitu 10 batang kayu jati ukuran 8×12 cm panjang 4 meter, 17 batang dengan panjang 4 meter ukuran 4×6 cm, dan 30 batang panjang 4 meter ukuran 2×4 cm. Selain puluhan batang kayu jati petugas mengamankan barang bukti lain sebuah gergaji dan golok. “Total kerugian ditaksir lebih dari lima juta rupiah” ungkapnya.

Iptu Marsono menambahkan pelaku mengaku menebang sendiri lima pohon kayu jati tersebut. Ia beraksi pada malam hari dengan cara satu hari menebang satu pohon lalu dipotong-potong dan dibawa pulang. Hingga akhirnya genap lima pohon yang ditebang.

Kini pelaku dan semua barang bukti telah diamankan di polsek Sampung guna proses penyidikan lebih lanjut. Penyidik menerapkan pasal (82),(83),(84) UU no 18 tahun 2013 untuk menjerat pelaku. “atas perbuatanya tersebut pelaku terancam pidana hukuman lima tahun penjara.” pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close