Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 4 Desember 2020 - 06:50 WIB

Survei The Republic Institute, Elektabilitas Sugiri-Lisdyarita Ungguli Ipong-Bambang

hasil Survey The Republic Institute Paslon Sugiri-Sancoko Lisdyarita ungguli petahana Ipong-bambang .

hasil Survey The Republic Institute Paslon Sugiri-Sancoko Lisdyarita ungguli petahana Ipong-bambang .

DUTANUSANTARAFM.COM : Lembaga Survei The Republic Institute  yang didirikan oleh  Sufyanto  Dosen, Peneliti dan Alumni Doktor Politik Universitas Airlangga Surabaya dan Fatekhul Mujib Dosen, Peneliti dan Kandidat Doktor Charles University Praha Republik Ceko merilis hasil survei jelang Pilkada Ponorogo,Kamis ( 03/12/2020) di Kafe Gayeng Ponorogo. Lembaga nirlaba  ini melakukan  penelitian dan survei terkait pilkada disejumlah daerah termasuk di antarannya di Ponorogo dalam 2 periode. Rillis hasil surver terkini yang dilakukan oleh The Republik Institute 22-30 November 2020  menyajikan  data  elektabilitas  paslon Sugiri Sancoko-Lisdyarita menggungguli petahana dengan selisih yang cukup signifikan, yakni terpaut 10,2 %.  Elektabilitas pasangan Sugiri Sancoko-Lisdyarita  mencapai 52,7 % sedangkan Ipong- Bambang mencapai 42,5 % dan terdapat 4,8 % undercided voter . Faktor atau variable utama yang menyebabkan incumbent tidak lagi memperoleh simpati , kesukaan dan pilihan bagi rakyat Ponorogo adalah kinerja bupati yang tergolong rendah yaitu 60,2 %.

“Kami melakukan risetperilaku memilih pada  pilkada serentak  9 Desember ini di banyak daerah guna mengukur tingkat popularitas , liketabilitas dan elektabilitas  termasuk di Ponorogo. Ponorogo  menjadi menarik  karena masuk wilayah mataraman namun memiliki  sub kultur Pananragan dengan identitas sosial Warok. Perubahan perilaku memilih mereka sangat tinggi terbukti dalam sejarah belum ada petahana yang mampu  bertahan,”terang Sufyanto kepada awak media Kamis (03/12/2020).    

Sufyanto menjelaskan Survei  terkini yang dilakukan pada rentang waktu 22-30 November 2020 ini menggunakan metode teknik pengambilan sampel Multi stage Random Sampling dengan jumlah sampel 600 responden tersebar di 21 kecamatan dengan margin error 3,8 %. Menarik  untuk dicermati , pada Survei kedua ini petahana mengalami tren penurunan, sebaliknya sang penantang Sugiri Sancoko-Lisdyaritan mengalami tren kenaikan. Karena pada survei pertama  Oktober kemarin Sugiri-Lisdyarita hanya memperoleh 49,5% kemudian pada survei kedua naik 3,2 % menjadi 52,7 %. Sedangkan Paslon Ipong-Bambang yang sebelumnya memperoleh 44 % turun 1,5 % menjadi 42,5 %.  (wid)

Berita ini 23 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pungutan Dana Sertifikasi Guru, Dalihnya Demi Peningkatan Kopentensi Spiritual dan Sosial

Dinamika Aktual

Korban Petasan Balon Udara di Desa Muneng Balong Ponorogo Meninggal di Surabaya

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri Sancoko Melepas Keberangkatan 620 Jemaah Haji Ponorogo, Ini Pesannya

Dinamika Aktual

Pengendara Motor Tewas, Laka di Plampitan Setono Jenangan

Dinamika Aktual

Petasan Meledak Tengah Malam, 2 Remaja di Jambon Terluka

Dinamika Aktual

Nihil, KPU Ponorogo Pastikan Tidak ada Calon Perseorangan Pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Aneka Penanda Unik pada Koper Jemaah Haji Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Sugiri Lisdyarita Mendaftar di Demokrat, Pengurus Beberapa Parpol Ikut Mengantar