Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Jumat, 3 April 2020 - 11:05 WIB

Sosialisasi Masif , Kebijakan Pembebasan Napi Karena Korona Tak Bikin Cemburu

Rutan Kelas 2B Ponorogo pada Jumat(03/04/2020) membebaskan 15 Napi untuk proses Asimilas ,sosialisasi dilakukan pihak rutan agar proses ini tidak menimbulkan dampak kecembuaruan

DUTANUSANTARAFM.COM: Rutan kelas 2B Ponorogo dalam 3 hari ini membebaskan sekitar 23 Nara Pidana (NAPI) mengikuti kebijakan Kemenkumham no 10 tahun 2020 tentang  pelaksanaan Asimilasi.  Tanpa menimbulkan kecemburuan kebijakan Kemenkumham No. 10 tahun 2020 ini dalam rangka membantu percepatan penanggulangan dan pencegahan penyebaran covid-19 dilakukan penuh hati- hati .

Diharapkan dengan mengurangi jumlah tahanan yang selama ini over kapasitas  mampu mengurangi kepadatan rutan dan lapas di Indonesia. Namun  pembebasan atau asimilasi ini harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan sesuai dengan aturan. Untuk Rutan kelas 2B Ponorogo pembebasan  tahap kedua dilakukan pada Jumat Pagi ( 03/04/2020) sebanyak 15 orang nara pidana.

Taufikul Hidayat  Kasubsi Pelayanan Tahanan  Rutan kelas 2 B Ponorogo menjelaskan sempat khawatir  kebijakan Kemenkumham ini akan menimbulkan kecemburuan antar warga binaan. Namun setelah dilakukan sosialisais secara masif dan terbuka kepada mereka ternyata mereka bisa menerima dan memahami kebijakan pemerintah ini.  Mereka menerima karena  napi yang di bebaskan untuk menjalani proses asimilasi  adalah napi yang sudah SK Pembebasan Bersyarat (PB) nya sudah turun sebelum Desember 2020 dan sudah  melewati setengah masa pidana.

“Ketika mereka bertanya kepada kita kenapa dia tidak dibebaskan, kita minta mereka menghitung sendiri  masa pidana yang telah mereka  jalani  dan akhirnya menyadari, menerima dan  tidak  cemburu,‚ÄĚjelas Taufikul Hidaya , Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas 2B Ponorogo pada dutanusantarafm.com, Jumat (03/04/2020).

Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024