Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 2 Agustus 2023 - 16:19 WIB

Soal Sumbangan Sukarela , Kejaksaan Ada 3 Kategori Masuk Pungli

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Ponorogo Agung Riyadi  sumbangan sukarela masuk kategori pungli jika ditentukan besarannya, ada jatuh tempo, dan ditagih.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Ponorogo Agung Riyadi sumbangan sukarela masuk kategori pungli jika ditentukan besarannya, ada jatuh tempo, dan ditagih.

DUTANUSANTARAFM.COM :  Ponorogo-Sejumlah Sekolah  Menengah Atas (SMA )/ SMK dan juga SLTP saat ini  mulai mengadakan rapat komite sekolah mengundang wali murid paska penerimaan  Peserta Didik Baru (PDDB ).  Viralnya  keluhan masyarakat atau wali murid soal  pungutan sekolah hingga biaya seragam berbau  bisnis  di media social  membuat Gubernur  Jawa Timur  Khofifah Indarparawansa  mengeluarkan larangan sekolah SMA/SMK  menjual  seragam .  Tidak itu saja , setiap tahun wali murid juga mengeluhkan sumbangan sukarela yang di patok besar oleh sekolah dengan modus sudah dirapatkan komite sekolah . Rapat komite  mengundang wali murid  biasannya untuk menghilangkan kesan pungutan liar atau pungutan yang dipaksakan alias bukan sumbangan sukarela lagi.

Agung Riyadi Kasi Intel Kejaksaan Negeri Ponorogo kepada  Dutanusantarafm.com , Rabu ( 02/08/2023)  menjelaskan sesuai dengan permendikbud no 75 tahun 2016  komite sekolah  bisa memberi sumbangan ke sekolah melalui bantuan dan  sumbangan  sukarela. Bantuan  adalah sumbangan dari pihak ke 3  yang di dapatkan dengan mengirimkan proposal kepada perusahaan  . Namun tidak boleh kepada perusahaan rokok, minuman keras dan juga partai politik.

“ Kemudian bisa  melalui sumbangan  sukarela . Sumbangan sukarela ini  tidak boleh ditentukan besarannya, tidak boleh ditentukan jatuh temponnya dan tidak boleh ditagih . Jika keluar dari  3 ketentuan itu masuk kategori pungutan liar. Dan satu lagi, pihak sekolah  ketika ada wali murid tidak bayar sumbangan sukarela kemudian melakukan indimidasi  maka itu juga masuk kategori  pungli, “tegas Kasi Intel Kejakasaan Negeri Ponorogo Agung Riyadi usai timnya melakukan sosialisasi  permendikbub no 75 tahun 2016 di SMK I Jenangan, Rabu ( 02/08/2023) . (wid)

 

Berita ini 135 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024