Home / Kabar Kota Kita

Jumat, 28 Agustus 2020 - 15:02 WIB

Siswi Harini : “Jujur Kepada Petugas Sensus Penduduk Kunci Membangun Data Berkualitas”


Dutanusantarafm.com-Sensus Penduduk Tahun 2020 berupa klarifikasi data dari rumah kerumah akan dimulai pada tanggal 1 September 2020. Petugas Sensus dari kantor Badan Pusat Statistis Ponorogo akan mendata setiap penduduk baik yang ber KTP Ponorogo maupun luar Ponorogo saat sensus berlangsung selama bulan September 2020 ini.

Kepala BPS Ponorogo Siswi Harini saat live talkshow di program Bincang Duta Radio Duta Nusantara Jum’at (28/08/2020) mengatakan segala persiapan telah dilakukan guna mensukseskan sensus penduduk 2020. Para petugas sensus yang akan mendata penduduk dari rumah ke rumah telah diberikan pembekalan dan pelatihan. Mereka juga telah dicek kesehatannya sebelum terjun kelapangan.

“ Dengan begitu tanggal 1 September 2020 nanti, 800 orang petugas sensus Se Kabupaten Ponorogo sudah siap untuk melaksanakan tugasnya” ucap Siswi.

Siswi meminta kepada warga Ponorogo untuk ikut mensukseskan sensus penduduk yang dilaksanakan setiap 10 tahun ini. Caranya cukup gampang yaitu dengan menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan oleh petugas. Jawaban yang disampaikan menyangkut data kependudukan harus sesuai fakta tidak boleh bohong .
“Jujur dalam memberikan jawaban sangat dibutuhkan dan itu kunci suksesnya sensus. Karena dengan begitu akan diperoleh data yang berkualitas” tambahnya.

Saat melaksanakan pendataan petugas akan dilengkapi alat pelindung diri (APD), seperti mengenakan masker, face shield, sarung tangan dan membawa hand sanitizer. Petugas harus disiplin menjalankan protokol kesehatan saat melakukan klarifikasi data di rumah-rumah penduduk. Karena itu petugas tidak akan berlama-lama saat melakukan sensus penduduk, dan yang tidak kalah penting adalah dengan menjaga jarak.

Lalu apa yang perlu disiapkan penduduk sebelum petugas datang ke rumah untuk melakukan pendataan..?? “ paling tidak warga sudah menyiapkan KTPnya” pungkasnya. (san)

Berita ini 2 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Grebeg Suro 2024 Dilaunching, Bupati Sugiri : Angkat Martabat Budaya Ponorogo di Kancah Dunia

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB