Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Kamis, 2 April 2020 - 06:32 WIB

Sembilan Napi Di Rutan Ponorogo Dibebaskan, Untuk Cegah Covid 19

Sembilan napi bisa menghirup udara segar, namun. mereka akan terus dipantau pihak Rutan

DUTANUSANTARAFM. COM-Sembilan warga binaan Rutan Kelas II B Ponorogo dibebaskan bersyarat pada Rabu, 1 April 2020. Pembebasan 9 narapidana itu dilakukan untuk mencegah penularan dan menanggulangi Virus Corona – Covid-19 di dalam rutan.

“Sebanyak 9 orang yang dibebaskan itu semua berjenis kelamin laki-laki, ” terang Kepala Rutan Kelas II B Ponorogo Arya Galung.

Pembebasan bersyarat itu mengacu Permen Hukum dan Ham no 10/2020, Kepmen no 19/2020 dan Surat Edaran Dirjen Pemasyarakatan, untuk mencegah dan menanggulangi covid 19 di dalam rutan. Kementerian Hukum dan Ham akan membebaskan 30 ribuan napi se Indonesia untuk mengurangi over kapasitas.

Arya menambahkan napi yang dibebaskan mempunyai syarat khusus antara lain bukan napi perkara korupsi, teroris, narkoba yang ancaman hukumannya diatas lima tahun. ,” Selain itu mereka setidaknya sudah menjalani masa pembinaan 2/3 dari masa hukuman, ” jelasnya. Dengan periodesasi April sampai 31 Desember 2020.

Rutan Ponorogo membina 265 orang napi, yang didominasi perkara tindak pidana umum. Arya mengatakan masih ada kemungkinan ada tambahan lagi napi yang bebas bersyarat di pekan ini. Rutan Ponorogo masih melakukan pendataan terhadap para napi yang berpeluang bebas atau menjalani asimilasi di rumah, yang memenuhi prosedur.

Arya berpesan untuk napi yang telah bebas ini bisa mengisolasi dulu dirumah untuk mencegah covid 19. Selain itu mereka dipesankan untuk tidak mengulangi lagi tindak pidananya. ,” meski sembilan napi itu bebas, pihak rutan akan melakukan pemantauan, ” tegas Arya kembali. (san)

Berita ini 2 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024