Home / Dinamika Aktual

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:50 WIB

Seluruh Santri Gontor 2 Akan Di Rapid Test


Dutanusantarafm.com-Untuk menjadikan masyarakat, wali santri pondok Gontor tenang maka atas kesepakatan pimpinan pondok gontor, dengan formpimda Ponorogo, Polda, serta pemprof jawa timur akan dilakukan sejumlah langkah dalam rangka pencegahan dan penanganan covid 19. Bupati Ipong Muchlissoni dalam keteranganya mengatakan Langkah yang akan diambil antara lain testing besar-besaran seluruh santri,guru, pengasuh, pembantu yang ada di Gontor 2.

Rencananya petugas Dinas Kesehatan akan melakukan rapid test terhadap 1798 orang, untuk seluruh santri, guru, pengasuh, pembantu di pondok tersebut. Sebelumnya dalam empat hari terakhir telah dilakukan rapid terhadap sekitar 400 santri. “Minggu ini diharapkan rapid test untuk 1798 santri, pengasuh, guru, pembantu rampung” ungkap Bupati Ipong.

Untuk mendukung kegiatan rapid test itu Pemkab Ponorogo dan Pondok Gontor telah menerima bantuan rapid test sebanyak 1.500 unit Gubernur, dan 100 unit rapid test dari Wakapolda Jatim. Untuk kekurangan unit rapid test yang tidak banyak itu bisa diambilkan dari Dinas Kesehatan Ponorogo. “ Dinkes Ponorogo siap memenuhi kekurangan kebutuhan rapid test itu di Pondok Gontor 2 ” terangnya.

Bupati Ipong menambahkan selain rapid test kesepakatan lain adalah proses belajar di Pondok diminta untuk Slow down. Misalnya untuk yang tidak menjalani karantina jumlah santri yang belajar di kelas jumlahnya dikurangi tinggal separo, dan pertemuan dibagi dalam beberapa shift. Selain itu Isolasi di lingkunagn pondok Gontor 2 akan lebih diperketat. Bukan hanya pengetatan terhadap para santri tetapi juga para pengasuh termasuk tukang masak..

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan misalnya terjadi ledakan terkonfirmasi covid 19 sehingga fasilitas pemerintah tidak mencukupi maka Pihak Pondok Gontor menyiapkan wisma pondok untuk karantina. ” ada 200 kamar yang ada di wisma gontor yang siap digunakan” tambah bupati.

Seperti diberitakan bupati dalam rilis kamis 9 juli 2020 menyampaikan total ada 11 santri yang terkonfirmasi covid 19. Rincianya dari sub cluster Kendari 10 orang dan cluster Gontor 1 orang . Para Santri tersebut berasal dari Luar kabupaten dan luar propinsi jawa Timur. (san)

Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024