Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Sebelum Pekerja, Lebih Dari 18.720 Anggota KPPS dan Linmas Pilkada Ponorogo Jalani Rapid Tes


Dutanusantarafm- Untuk memastikan bahwa anggota KPPS dan Linmas Pilkada Ponorogo dalam kondisi sehat, dilakukan rapid tes terlebih dahulu sebelum mereka bekerja. Jumlah total anggota KPPS dan linmas se kabupaten Ponorogo yang akan menjalani rapid tes adalah 18.720 orang . Rincianya adalah ada 7 orang KPPS dan 2 orang linmas per TPS dengan jumlah total tps Pilkada sebanyak 2080 buah.

Ketua KPU Ponorogo Munajat mengatakan rapid tes untuk KPPS dan linmas dilaksanakan oleh petugas puskesmas setempat mulai Kamis (26/11/2020). Adapun tempat rapid tes untuk KPPS dan linmas disesuaikan dengan kondisi masing-masing kecamatan, ada yang di puskesmas, di balai desa/Keluarahan , ada juga yang dilaksanakan di kantor kecamatan. Hal itu sesuai dengan kesepakatan bersama dan kebijakan di masing-masing kecamatan.“tempatnya ada yang di balai desa, kecamatan, ada juga yang di puskesmas.Tergantung kondisi lapangan dimana yang lebih mudah dilakukan” tuturnya.

Munajat menambahkan KPU Kabupaten Ponorogo merencanakan pelaksanaan rapid untuk seluruh KPPS dan linmas diharapkan bisa rampung pada 30 November 2020 mendatang. Petugas telah menjadwal anggota KPPS dan linmas yang mau dirapid tes, guna menghindari adanya kerumunan dalam pelaksanaan tersebut.

Ia juga menjelaskan ketika ada peserta yang reaktif nantinya langsung ditangani oleh Dinas Kesehatan untuk proses pemeriksaan selanjutnya. Untuk yang reaktif tersebut KPu akan langsung menggantinya dengan yang baru sebagai anggota KPPS atau Linmas.

Rapid tes dimaksudkan agar penyelenggara pemilu dalam melaksanakan tugasnya benar-benar sehat. Sehingga warga masyarakat yang memiliki hak pilih tidak ragu atau tidak takut lagi untuk datang ke tps menyalurkan hak suaranya pada 9 Desember 2020. “Selain itu petugas sendiri juga tidak akan canggung saat bekerja mensukseskan Pilkada Ponorogo sesuai protokol kesehatan.”pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close