Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Kamis, 12 November 2020 - 18:33 WIB

Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat ,Kesehatan Bayi Dan Ibu Jadi Perhatian Serius


Dutanusantarafm-Pembangunan sumber daya manusia menjadi bagian penting dalam pembangunan nasional saat ini. Kesehatan merupakan modal berharga untuk menunjang pembangunan disegala bidang. Sesuai dengan tema hari kesehatan nasional tahun 2020 Satukan tekad menuju Indonesia sehat, kesehatan bayi dan ibu melahirkan termasuk didalamnya.

Pembangunan dibidang kesehatan di kabupaten Ponorogo tidak luput dari dua hal yaitu angka kelahiran hidup bayi dan kesehatan ibu melahirkan. Kepala Dinas kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini usai upacara hari kesehatan nasional kamis (12/10/2020) mengatakan tema hari kesehatan nasional 2020 sejalan dengan apa yang sudah dilakukan pemkab dan dinas kesehatan yaitu meningkatkan kesehatan bayi dan ibunya.


Ia menyebut angka kematian bayi di Ponorogo terus mengalami penurunan dalam 4 hingga 5 tahun terakhir. Saat ini angka kematian bayi di Ponorogo berada pada angka12,46 perseribu kelahiran hidup dibawah angka nasional 23 perseribu kelahiran hidup. Capaian kabupaten Ponorogo dalam penanganan bayi ini lerbih bagus dari kasus nasional.


Selain kematian bayi yang terus menurun angka kematian ibu saat melahirkan juga mengalami progress yang sama. Pada tahun 2016 angka kematian ibu 174 perseratus ribu kelahiran hidup dan tahun 2020 turun menjadi 105,46 perseratus ribu kelahiran hiudp. Adapun angka stanting tahun 2016 adalah 26,3 tahun 2020 turun menjadi 16,9 persen. Angka stanting di Ponorogo ini masih berada dibawah 20 atau angka nasional .


Rahayu menambahkan Dinas Kesehatanpun akan terus berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dimasa-masa mendatang. Hal itu penting sekali karena peningkatan sumber daya manusia akan sangat mempengaruhi kesuksesan bidang-bidang lainnya. Caranya antara lain dengan meningkatkan kualitas pelayanan,saran prasarana dan peningkatan kualitas tenaga kesehatan itu sendiri. (de)

Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB

Dinamika Aktual

Laka Tabrak dari belakang di Jenangan, Akibatkan Satu Korban Meninggal Dunia