Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Senin, 25 September 2023 - 12:24 WIB

Rumah Warga Sampung Terbakar, Api Tungku Penyebabnya

Dutanusantarafm-Kebakaran menghanguskan rumah Kusni (64), yang berada di Dukuh Nglurup Desa Nglurup, Kecamatan Sampung Ponorogo pada Minggu (24/9/2023) malam. Asal mula api diduga berasal dari tungku di dapur yang habis dipakai oleh keluarga korban untuk memasak. Keluarga korbanpun tidak mengetahui jika api dari tungku itu tiba-tiba membesar merembet ke tumpukan kayu, dinding anyaman bambu, lalu membakar atap dapur hingga akhirnya merembet ke bangunan utama.

Kebakaran itu diketahui oleh warga sekitar dimana api mulai membesar dan membakar bagian dapur rumah milik korban. Sedangkan pada saat itu, keluarga korban tidak mengetahuinya, karena sedang tertidur.

Warga yang mengetahui kejadian itu kemudian membangunkan pihak keluarga korban, sambil mengevakuasi barang-barang berharga yang ada di dalam rumah dan membantu memadamkan api. Dengan peralatan seadanya api berusaha dipadamkan agar tidak terus membesar dan merembet ke bangunan lainnya. Kebakaran itu juga segera dilaporkan ke petugas Dampar Ponorgoo.

Kabid Damkar Ponorogo Bambang Supeno mengatakan setelah menerima informasi dari warga, petugas dengan didukung dua unit mobil damkar dikirimkan ke lokasi untuk membantu memadamkan api. Ia menjelaskan setiba di lokasi api masih menyala membakar bagian dapur dan sebagian rumah utama.

“Kebakaran tersebut akhirnya bisa dipadamkan, setelah lebih dari satu jam dilakukan penyemprotan oleh petugas. Pada Senin (25/9/2023) dini hari pembasahan oleh petugas rampung dilakukan ” Terangnya.

Bambang juga menambahkan akibat terbakarnya bagian dapur dan sepertiga bangunan rumah utama beserta perabot yang ada, kerugian materiil ditaksir lebih dari 50 juta rupiah.

“Alhamdulillah berkat kesigapan warga dan terkait, seluruh anggota keluarga selamat. Tidak ada yang luka akibat musibah itu.” Tukasnya. (de)

Berita ini 131 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg

Dinamika Aktual

Fogging DBD di Lingkungan Kelurahan Kepatihan, Upaya Pencegahan Selain 3M Plus