Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Jumat, 15 September 2023 - 06:09 WIB

Rumah Seorang Nenek di Siman Terbakar, Penyebabnya Api Tungku

Dutanusantarafm- Api tungku yang dikira sudah mati menyebabkan dapur rumah terbakar. Apes itu dialamai oleh mbah Tukimah (70) warga RT/ RW : 01 / 02, Dukuh Karanglo, Desa Mangunsuman, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Rumahnya terbakar saat pada Kamis (14/9/2023) pagi, saat ia berada dirumah anaknya yang lokasinya tidak begitu jauh dari lokasi.

Menurut keterangan Lurah Mangunsuman Suprapto, sebelum kejadian menantu mbah Tukimah yang bernama Sulis memasak di tungku tersebut. Usai memasak maka api tungku dimatikan dengan menyiramkan air ke kayu yang ada apinya di tungku itu. Sulispun lalu meninggalkan dapur itu untuk kembali ke rumah yang lokasinya berada didekat rumah mbah Tukimah.

Suprapto mengatakan selang sekitar satu jam kemudian ada warga yang melihat api yang membakar atap dapur rumah mbah Tukimah. Mbah Tukimah yang saat itu berada di rumah Sulispun terkejut dengan kejadian itu, lalu warga bergotong royong melakukan upaya pemadaman menggunakan peralatan seadanya.

“ Kemungkinan saat dimatikan masih ada percikan api dari tungku, percikan itu lalu mengenai tumpukan kayu dekat tumpu itu. Karena tidak ada yang tahu akhirnya api membesar merembet membakar dapur rumah tersebut, “ terangnya.

Suprapto menambahkan kejadian kebakran itu kemudian dilaporkan ke petugas damkar Ponorogo. Melalui kerja keras semua pihak , kebakaran itu akhirnya bisa dipadamkan, namun sebagian bangunan dapur yang berdinding bambu itu habis terbakar.

“TIdak ada korban jiwa akibat musibah tersebut sedangkan untuk kerugian materiil ditaksir mencapai 9 juta rupiah.” terangnya.

Sementara itu untuk membantu memadamkan api dua unit Truk Damkar dibantu satu unit tangki air DLH Ponorogo dikirimkan ke lokasi. Menurut Kabid Damkar Ponorogo, setelah api bisa dipadamkan maka petugas melakukan pembasahan agar api tidak muncul kembali.

“Petugas sudah melakukan pembasahan untuk memastikan tidak ada lagi percikan api yang menyala di lokasi tersebut,” tukasnya. (de)

Berita ini 49 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Grebeg Suro 2024 Dilaunching, Bupati Sugiri : Angkat Martabat Budaya Ponorogo di Kancah Dunia

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB