Home / Dinamika Aktual / Sekitar Kita

Sabtu, 9 Desember 2023 - 20:07 WIB

Riang, Anak TK Alam Islam Harapan Pertiwi Tanam Bunga dan Sayuran

Dutanusantarafm-Puluhan anak TK Alam Islam Harapan Pertiwi Kadipaten nampak riang gembira saat mengikuti kegiatan tanam menanam di sekolah, pada Sabtu (9/12/2023). Mulai dengan menyiapkan media tanam yang dicampur kompos, menyiapkan polybag tanaman, menanan, sampai menyirami, mereka nampak antusias.

Ada berbagai jenis tanaman yang ditanam seperti aneka bunga, beberapa sayuran. Setelah semua proses penyiapan selesai dan tanaman ditanam di polybag maka anak-anakpun mulai menyiraminya dengan air.

Polybag itu lalu ditata di depan gedung sekolah dan diberi nama sesuai nama anak yang menanam.

“Setelah ditanam, maka kemudian anak diberi tanggungjawab untuk merawatnya sampai besar” tutur Dewi Lestary Kepala TK Alam Islam Harapan Pertiwi, Sabtu (9/12/2023).

Dewi mengatakan di sekolah sengaja anak-anak diperkenalkan dengan kegiatan menanam seperti ini sejak beberapa tahun lalu Tujuannya agar mereka tahu bagaimana tanaman itu dari kecil lalu tumbuh menjadi besar, dan memberikan nanfaat bagi manusia. Manfaat itu seperti oksigen yang dihasilkan, bunga yang indah, buah dan juga batang pohonnya.

Harapannya sejak masih kecil, anak mencintai lingkungan diantaranya dengan mulai hobi menanam berbagai jenis tanaman. Sehingga kalau ada lahan kosong tidak dibiarkan begitu saja.

” Program ini selain kegiatan tahunan, juga selaras dengan program pengawas TK “one child one plant” yang pernah di resmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo Nurhadi dua tahun yang lalu.” imbuh Dewi.

Rifky dan Aisah adalah dua anak diantara mereka yang nampak senang dengan kegiatan menanam seperti ini. Keduanya menanam cabe, yang mana praktek seperti itu dikenalnya di sekolah.

Menanam seperti ini memang jarak dilakukan anak-anak di rumah. Kesempatan bisa menanam bersama-sama di sekolah menjadi bagian edukasi untuk mencintai tanaman.

“Kita senang sekali bisa ikut menanam cabe pagi ini, asik kok” ucap mereka berdua.

Baik aisah maupun rifky ingin sekali bisa menanam seperti itu di runahnya. Meski di halaman rumah sudah ada beberapa tanaman bunga dan buah-buahan.

” Kita sayang bumi.kok, menanam itu sangat menyenangkan” tukasnya. (de)

Berita ini 167 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen