Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 20:43 WIB

Remaja Spesialis Pencuri Konter HP di Ponorogo, Diringkus Polisi

TERTUNDUK : ABA,18 pelaku pencurian HP dengan pemberatan, saat digelandang polisi pada Kamis (18/08/2022)

TERTUNDUK : ABA,18 pelaku pencurian HP dengan pemberatan, saat digelandang polisi pada Kamis (18/08/2022)

Dutanusantarafm.com- Sempat lolos dari dinginnya jeruji besi, ABA,18 residivis asal Desa Tajug, Kecamatan Siman kini harus meringkuk di penjara. Itu setelah dia diringkus polisi, usai menjalankan aksinya mencuri handphone dan uang tunai di sebuah toko konter pulsa Jalan Letjend S. Sukowati Desa Ngunut, Kecamatan Babadan pada Juni lalu. Tepatnya, di toko Plaza Seluler, sebelah utara SPBU Ngunut.

Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyo Wibowo menuturkan, kurun waktu 10 tahun terakhir ABA sudah empat kali melakukan aksi meresahkan itu. Tepatnya, sejak tahun 2012 saat dia masih berusia anak.

“Karena pelaku saat itu belum cukup umur, jadi diberlakukan diversi atau pengadilan anak. Dan ini diulang lagi, saat usianya sudah dewasa. Jadi pelaku akan kami jerat dengan hukum pidana yang ada,” ungkapnya kemarin (19/08/2022).

Saat kali pertama mencuri HP, ABA masih berusia dibawah 18 tahun. Sesuai aturan pidana kala itu, pihak kepolisian belum bisa menjerat pelaku dengan hukum pidana. Sehingga, pria putus sekolah itu terbebas dari hukuman penjara.

Baru kali ini, lanjut Catur ABA bisa dijerat dengan Pasal 363 Ayat (1) Ke 5e KUHP dengan Ancaman Hukuman Maksimal 7 Tahun Penjara.

ABA telah melakukan pencurian dengan pemberatan (curat). Dia menggasak sejumlah barang dan uang tunai, Rp 3 juta di toko konter tersebut. Aksi itu dia lakukan seorang diri, pada Senin (27/06/2022) lalu sekira pukul 22.00 WIB.

ABA memaksa masuk toko saat tidak ada orang. Yakni, dengan cara memecah kaca ventilasi dengan menggunakan batu bata. Usai memecah kaca, ABA kemudian masuk kedalam toko dan mengambil barang berharga milik korban. Usai melancarkan aksinya, ABA kemudian melarikan diri.

Kasus pencurian baru diketahui keesokan pagi, saat pemilik toko hendak menggelar dagangannya. Melihat toko diobrak abrik, korban langsung melapor ke polisi. Setelah dilakukan pelacakan, polisi kemudian meringkus ABA di rumah kosnya di Jalan Jawa, Ponorogo. (Umi Duta)

 

Berita ini 42 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

KPU Ponorogo Ajukan Santunan 2 anggota KPPS yang meninggal dunia

Dinamika Aktual

Diduga Akar Lapuk, Pohon Karet Tumbang menutup Jalan Selingkar Ngebel

Dinamika Aktual

Prabowo Gibran unggul di TPS 901 Rutan Ponorogo

Dinamika Aktual

Pemilu 2024, Bupati Sugiri Sancoko dan Keluarga Mencoblos di TPS 04 Mangkujayan

Dinamika Aktual

Diperpanjang, 125 Jamaah Haji Ponorogo Belum Lunas BIPIH Tahap Satu

Dinamika Aktual

Sah, Uji Coba Jalan Satu Arah Segi 8 Emas Ponorogo dimulai 14 Februari 2024

Dinamika Aktual

Ledakan Dasyat Kagetkan Warga Balong Ponorogo, Satu Korban Luka

Dinamika Aktual

Polres Ponorogo Terjunkan 684 Personil Amankan 2.893 TPS pada Pemilu 2024