Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 1 Maret 2023 - 16:44 WIB

Relokasi Butuh Waktu , Johan Budi Usulkan Pembangunan Tenda Semi Darurat

Johan Budi anggota DPR RI dari Fraksi PDIP  berdiskusi dengan  Supriyadi  Kepala Dinsos P3A  Ponorogo, Kades Tumpuk  Imam Sulardi dan Tim BPBD  Jatim  membahas nasib pengungsi korban tanah retak ,Selasa (28/02/2023).

Johan Budi anggota DPR RI dari Fraksi PDIP berdiskusi dengan Supriyadi Kepala Dinsos P3A Ponorogo, Kades Tumpuk Imam Sulardi dan Tim BPBD Jatim membahas nasib pengungsi korban tanah retak ,Selasa (28/02/2023).

DUTANUSANTARAFM.COM : Ponorogo –Johan Budi Sapto Pribowo Anggota DPRD RI dari  Fraksi PDI Perjuangan  berdiskusi dengan  Supriyadi  Kepala Dinsos P3A  Ponorogo, Kepala Desa Tumpuk Kecamatan Sawoo  Imam Sulardi dan Tim BPBD Propinsi Jawa Timur  membahas nasib para pengungsi korban tanah retak , Selasa (28/02/2023).  Mantan Jubir KPK tersebut mengusulkan dibangun tenda –tenda semi darurat untuk para pengungsi  agar kondisinya lebih nyaman dan terjaga privasinya sambil menunggu  rencana  relokasi .

“Ada beberapa solusi yang mungkin  bisa dilakukan . Pertama , kalau melihat lokasi  kan tidak memungkinkan warga kembali kerumahnya lagi karena sudah rusak berat  sehingga harus direlokasi. Untuk  relokasi  jika lahannya  tukar guling dengan perhutani  pasti masih memerlukan proses yang panjang dan lama,” jelas Johan Budi.

Kedua, pengungsi tidak mungkin  berada di pengungsian  secara terus menerus  sehingga perlu  ada solusi  darurat.  Kepala Desa  sudah di minta untuk  mencari tanah yang dirasakan cocok untuk relokasi kemudian nanti akan dibeli .

“Pertanyaannya siapa yang akan membeli ini dan  anggarannya dari mana harus ditanyakan kepada pak bupati. Apakah dari APBD atau dana lainnya ?.  Usul saya ,untuk  sementara  membangun tenda -tenda semi darurat  sambil menunggu solusi pertama atau kedua karena  ada  139 jiwa dengan 43 kk yang mengungsi, Bangunan ini sangat tidak nyaman dan terus hujan . Jalannya juga sempit dan ada beberapa akses jalan longsor sehingga memperlambat bantuan  yang datang, “terang Johan Budi  sambil diskusi bersama dengan Supriyadi Kepala Dinas Sosial P3 A Ponorogo di kamp pengungsian  Desa Tumpuk .

Kedatangan  mantan Jubir Presiden Jokowi ke pengungsian di Desa Tumpuk  Kecamatan Sawoo selain untuk melihat dari dekat  nasib para warga korban tanah retak juga  mengirimkan bantuan  berupa paket sembako, biskuit untuk balita dan ibu hamil serta  sarung. (wid)

Berita ini 66 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai