Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 15 Februari 2023 - 19:45 WIB

Ratusan Hektar Tanaman Padi di Ponorogo Terendam Banjir

Johan Budi Sapto 
 Pribowo kunjungi langsung lokasi 250 hektar tanaman padi terendam banjir di Desa Sendang Kecamatan Jambon, Rabu ( 15.02.2023)  pertanian

Johan Budi Sapto Pribowo kunjungi langsung lokasi 250 hektar tanaman padi terendam banjir di Desa Sendang Kecamatan Jambon, Rabu ( 15.02.2023) pertanian

DUTANUSANTARAFM.COM : Ponorogo – Ratusan hektar tanaman padi di Desa Sendang Kecamatan Jambon terendam banjir akibat jebolnya sejumlah titik  tanggul sungai, Rabu (15/02/2023).  Petani setempat menyatakan bahwa mereka mengalami gagal panen karena padinya yang berumur 40-60 hari tersebut membusuk terendam air beberapa hari . Tinggi air yang menggenangi  tanaman padi  mencapai angka  1,5 meter dan tidak bisa dialirkan kemanapun . Kerugian akibat bencana banjir  luapan air sungai tersebut diperkirakan  miliaran rupiah.  Hal tersebut disampaikan  para petani  Desa Sendang Kecamatan Jambon kepada anggota DPR RI dari fraksi  PDI Perjuangan yang mengunjunginya dan membagikan bantuan sembako kepada petani terdampak , Rabu  (15/02/2023).

“Petani disini meski ngenes beberapa kali tanam karena banjir tetap semangat,. Tapi pemerintah mbok iyao memperhatikan nasib kita bagaimana kedepan tidak sepeprti ini lagi. Sekarang ini yang terendam 250 hektar kerugiannya sudah milyaran belum  aset petani  sepeprti pompa air yang terendam pasti juga rusak, :terang  Jemani salah satu petani setempat .

Hal senada juga disampiakan Panut , Kepala Dusun Sedayu Desa Sendang Kecamatan Jambon menyampaikan  bahwa luapan sungai yang menggenangi area pesawahan ini sudah berlangsung tiap tahun. Namun, dampak terparah dialami pada tahun 2023 ini.  Karena adanya alih lahan sungai menjadi jalan , penyempitan sungai di Desa Karang Lo Kidur dari dahulu 2 meter menjadi 80 cm dan pembangunan tanggul sungai di Dam Teropong   Desa Tatung  Kecamatan Jambon.

“Hari ini kita menjalin komunikasi dengan Pak Johan Budi Sapto Pribowo anggota DPR RI . Kita minta di bantu untuk mengkomunikasi dengan bihak terkait agar pemasalah yang terjadi tiap tahun ini  bisa ada sulusinnya . Termasuk membantu mengkomukasikan dengan 3 desa lainnya karean masalah ini saling berkaitan , “terang Panut. ( wid)

Berita ini 10 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen