Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Sabtu, 2 September 2023 - 12:48 WIB

Praktek Pemaksaan Kontrasepsi Pada CPMI Sudah Seperti Tradisi

Pengurus  orgnisasi pekerja migran Indonesia yang tergabung dalam Kabar Bumi Cabang Ponorogo saat berfoto bersama dengan Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi Sapto Pribowo, Rabu ( 27/09/2023).

Pengurus orgnisasi pekerja migran Indonesia yang tergabung dalam Kabar Bumi Cabang Ponorogo saat berfoto bersama dengan Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi Sapto Pribowo, Rabu ( 27/09/2023).

DUTANUSANTARAFM.COM ; Ponorogo – Sriati ,  Pengurus  organisasi  Pekerja Migran Indonesia   Kabar Bumi  Cabang  Ponorogo  mengungkap praktek   illegal yang dilakukan oleh para  Perusahaan Penempatan pekerja Migran Indonesia (P3MI)  dalam memberangkatkan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) . Praktek Illegal tersebut diaungkapkannya saat acara sosialsiasi  UU Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)  yang di selenggarakan oleh anggota Komisi III DPR RI Johan Budi Sapto Pribowo bertempat di Kampus STKIP  Ponorogo, rabu ( 27/09/2023) . Praktek Illegal  tersebut adalah pemaksaan pemakaian kontrasepsi atau suntik KB terhadap  Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI)   perempuan . Bahkan penerapan suntik KB itu juga dipaksakan pada CPMI perempuan yang belum menikah .

Sriati , menyampaikan  Kabar Bumi selama ini melakukan  pendampingan dan penanganan kasus , yang dihadapi oleh  pekerja migran yang berada di luar negeri, keluarga migran  dan  caloan pekerja migran . Kasus teralhir yang dilaporkan dan dikeluhkan adalah pemaksaan penggunaan kontrasepsi ini . Kebetulan korabnnya masih belum menikah dan dipaksa untuk melakukan suntik KB.

“Padahal itu bukan persyaratan utama tapi praktek itu seperti sudah menjadi tradisi yang dilakukan ole P3MI.  P3MI yang melakukan praktek semacam itu tidak saja di Ponorogo tapi  juga yang ada didaerah lain seperti Surabaya. Banyak CPMI tidak berani  bersuara  karena  dampaknya sangat dilematis  seperti  terancam  tidak  diberangkatkan , terkait kasusu  ini pemerintah belum  tahu, “terangnya. (wid)

Berita ini 15 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai

Dinamika Aktual

Ramadan Sampah Produksi Rumah Tangga di Ponorogo Naik 10 Persen

Dinamika Aktual

Penularan TBC pada Anak Harus Diwaspadai

Dinamika Aktual

Rumah Pedagang Sayur di Gontor Diobrak-abrik Pencuri, Saat Ditinggal Tarawih

Dinamika Aktual

Harga Ayam Potong Dari Peternak Saat Ini RP 21 Ribu /Kg