Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Selasa, 23 Juni 2020 - 13:02 WIB

PPDB SLTPN Jalur Prestasi Hanya Sekolah Di Kota Ponorogo Yang Diserbu


Dutanusantarafm.com-Kuota 30 persen untuk jalur prestasi pada PPDB SLTP negeri tahun 2020 di Kabupaten Ponorogo sepi peminat. Realitanya hanya SLTPN yang ada di kota yang diserbu. Terdata hanya ada 7 SLTP negeri yang pagunya terpenuhi dari jalur prestasi ini. Padahal jumlah SLTPN di kabupaten Ponorogo sebanyak 56 sekolahan.


Kabid SLTP Dinas Pendidikan Ponorogo Soiran mengatakan setelah PPDB jalur prestasi diumumkan Selasa 23 juni 2020 ternyata peminatnya sedikit. Dari 56 SLTP Negeri di Ponorogo hanya 7 sekolahan yang terpenuhi pagunya , sisanya pendaftarnya sangat sedikit jauh dari pagu yang disediakan. Jalur prestasi dengan kuoa 30 persen dari pagu dibuka lewat dua macam yaitu jalur prestasi lomba dan prestasi akademik. Artinya dibuka Kesempatan seluas-luasnya untuk calon peserta didik baru bisa mendaftar. “Namun sayang ternyata peminatnya tidak begitu banyak, hanya SLTPN di kota yang diminati” ungkapnya.


Soiran menambahkan 7 sekolah yang pagunya terpenuhi adalah SLTP Negeri di kecamatan kota termasuki SMPN 1 jetis. Peserta didik yang tidak diterima dari jalur prestasi di 7 sekolahan itu masih punya kesempatan untuk mendaftar lewat jalur zonasi dan afirmasi hingga tanggal 24 Juni 2020. Kekosongan dari jalur prestasi juga akan ditambahkan untuk kuota jalur zonasi tersebut. “ dengan begitu maka jalur zonasi bisa bertambah lagi kuotanya dari sisa kuota jalur prestasi dan kepindhanh orang tua” jelasnya.


Lalu mengapa yang mendaftar jalur prestasi sangat sedikit sehingga mayoritas SLTPN pagunya tidak terpenuhi??? Soiran menerangkan barangkali calon peserta didik sudah nyaman mendaftar lewat jalur zonasi karena jarak ruamh dengan sekolahan dekat. Alasan lain sekolahan-sekolahan lain tersebut selama ini tidak banyak peminatnya sehingga persaingannya tidak ketat. “ sehingga calon peserta didik tidak terlalu khawatir dalam mencari sekolahan baru”pungkasnya. (san)

Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB

Dinamika Aktual

Laka Tabrak dari belakang di Jenangan, Akibatkan Satu Korban Meninggal Dunia