Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Selasa, 27 Juni 2023 - 15:25 WIB

POPT Ponorogo , Bubur California Bisa Digunakan Untuk Kendalikan Hama Xantomonas

Warni, koordinator POPT  Dispertahankan Ponorogo  saat mengecek langsung tanaman padi yang terserang Hama Xantomonas di Kecamatan Babadan, Selasa ( 27/06/2023)

Warni, koordinator POPT Dispertahankan Ponorogo saat mengecek langsung tanaman padi yang terserang Hama Xantomonas di Kecamatan Babadan, Selasa ( 27/06/2023)

DUTANUSANTARAFM.COM: Bubur California alias  BC  adalah satu metode atau cara untuk pengendalian hama xantomonas pada tanaman padi.   Bubur California ini adalah campuran dari Belerang , Batu Gamping  dan air dengan perbandingan 1 :3 : 10 . Ketiga  unsur bahan baku tersebut direbus kemudian didiamkan sampai dingin.  Selanjutnya air rebusan  disaring  dan  setiap 100 ml  bisa di campurkan ke  14 liter air  kemudian disemprotkan ke tanaman padi yang telah terserang hama xantomonas.  Hal tersebut sampaikan  Warni  Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo  kepada para petani saat mengecek langsung tanaman padi yang terserang Hama Xantomonas di Desa Lembah Kecamatan Babadan, Selasa ( 27.06/2023).

Lebih lanjut Warni menjelaskan bahwa  penggunaan Bubur California ini sudah diaplikasikan oleh petani  bawang merah di Kabupaten Magetan dan juga Ngawi .  Awalnya,  untuk pengendalian bercak daun pada bawah merah  karena berhasil kemudian petani mengujicobakan pada tanaman padi  yang terkena hama Blass  dan santomonas .

“Dan ternyata berhasil ,selain itu bubur California ini juga  bisa menghalau  hama  lain seperti wereng batang coklat . Di  Ponorogo , kita sudah melaksanakan  dibeberapa lokasi untuk pengendalian hama  xantomonas salah satunya  di Kelompok Tani Barokah 2 Ngunut dan sudah berhasil  terkendalikan , “terang Warni.

Di infomasikan , Bubur California adalah pestisida yang dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan baku yang mudah didapat dan merupakan pestisida alternatif yang dapat digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis hama dan penyakit tanaman. Bubur california sangat efektif dan luar biasa ampuh dalam mengatasi gangguan tanaman yang disebabkan oleh cendawan atau jamur dan jenis- jenis tertentu dari golongan akarina.

(wid)

Berita ini 210 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pohon Tumbang Menimpa Dapur Rumah Warga Banaran Pulung, Kondisi Rusak Parah

Dinamika Aktual

Begal Payudara Beraksi di Jenangan, Korban Terjatuh luka babras

Dinamika Aktual

Brigade Alsintan , Siap Cek Info Kelangkaan Alsintan Yang Sebabkan Petani Kesulitan Panen Padi

Dinamika Aktual

Penjualan Janur Ketupat di Pasar Legi Ponorogo Merosot Gegara Kwang Wung

Dinamika Aktual

Sewa Combine Tembus Rp. 700 Ribu , Petani Njleput Antara Biaya Panen dan Merosotnya Harga Gabah

Dinamika Aktual

340 Alfaexpress Tersebar di Jalur Mudik, Siap Penuhi Segala Kebutuhan Perjalanan

Dinamika Aktual

Sebuah Toko Kelontong di Tonatan Ludes Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Dinamika Aktual

Dua Bocah TK di Sukorejo Ditemukan Meninggal di Sungai