GalerryKabar Kota Kita

Ponorogo Tambah 10 Terkonfirmasi covid 19, Bupati Ipong Akan Konsul Ke Provinsi Jatim


DUTANUSANTARAFM.COM- Bupati Ipong Muchlissoni kembali merilis penambahan terkonfirmasi covid 19 di Kabupaten Ponorogo, pada Rabu 8 Juli 2020. Dengan penuh keprihatinan Bupati Ipong menyampaikan ada penambahan 10 orang terkonfirmasi covid 19.

Bupati Ipong menyebutkan sepuluh orang terkonfrimasi covid 19 tersebut adalah 6 orang santri PP Gontor 2 yaitu 2 orang dari Makassar, 1 orang dari Manado, 1 orang dari Banjar,1 orang dari Ternate,1 orang dari Gowa. Selain 6 kasus tersebut, terdapat juga 4 kasus tambahan positif lainnya, antara lain Perempuan usia 20 tahun, berasal dari Joresan (Mlarak). Anak Perempuan 9 tahun, alamat Patihan Kidul (Siman). Perempuan usia 27 tahun, asal Bedrug (Pulung). Perempuan usia 25 tahun, asal Lengkong (Sukorejo).

Saat ini sedang dilakukan tracing kontak erat terhadap para terkonfrimasi tersebut baik yang ada dilingkungan pondok gontor 2 dan kontak erat dengan 4 penderita lainya. Khusus di lingkungan Pondok Gontor 2 Petugas Dinkes Ponorogo telah melakukan rapid test terhadap lebih dari 100 santri dan melakukan swab terhadap 30 orang santri. “ Rapid test dan swab kemungkinan akan terus berlangsung di pondok tersebut, tergantung perkembangan lebih lanjut” jelasnya.

Dengan kejadian ini, Bupati mengajak semua pihak mengambil pelajaran dan hikmah. Utamanya bagi pesantren-lain lain, ternyata rapid test sangat penting untuk dilaksanakan sebagai screening / deteksi awal status COVID19 dari masing-masing santri, ustadz ataupun penghuni pondok lainnya. Terbukti juga dengan 80 persen yang terkonfirmasi positif di Ponorogo saat ini datang dari zona merah.

“Teruntuk masyarakat Ponorogo pada umumnya, nampaknya saat ini penambahan kasus semakin banyak. Rumah Sakit mulai penuh sehingga hari ini sudah ada pasien konfirm yang dipindahkan ke rumah karantina. Untuk itu warga harus semakin waspada, saling menjaga, saling mengingatkan” pintanya.

Hal penting lain adalah dengan melakukan protokol kesehatan sebagai budaya sehari – hari, sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker, jaga jarak minimal 1 meter saat berinteraksi meningkatkan imunitas, berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan penambahan terkonfirmai positif tersebut data kasus covid19 di Kabupaten Ponorogo per hari ini total 66 orang, yang sembuh 32 orang, isolasi RS 29 pasien, isolasi mandiri 2 orang, meninggal 3 orang.

“Dengan tambahan kasus tekonfirmasi di Ponorogo yang cukup banyak ini maka Pihaknya akan langkan lebih ekstrim akan berkonsulasi dengan satgas gugus tuigas Covid 19 Propinsi Jawa Timur. Selain melakukan upaya pencegahan dan penanganan dilingkungan pondok dan secara menyeluruh di kabupaten Ponorogo”pungkasnya. (san)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close