Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Kamis, 8 Desember 2022 - 14:59 WIB

Persiapan Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Petugas Rutin Lakukan Ramp check untuk Puluhan Armada Bis

CEK : Petugas Terminal Tipe A Seloaji Ponorogo saat mengecek kelengkapan alat pengaman di salah satu armada di pos keberangkatan Kamis (8/12/2022).

CEK : Petugas Terminal Tipe A Seloaji Ponorogo saat mengecek kelengkapan alat pengaman di salah satu armada di pos keberangkatan Kamis (8/12/2022).

Dutanusantarafm.com – Libur panjang di momen Natal dan Tahun Baru akan segera mulai. Menyongsong momen tersebut, sejumlah petugas di Terminal Penumpang Tipe A Seloaji, Ponorogo rutin melaksanakan ramp check untuk puluhan armada.

Kepala Terminal Penumpang Tipe A Seloaji, Ponorogo, Yono mengungkapkan ramp check dilakukan untuk setiap armada yang keluar terminal. Baik untuk jenis armada Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

‘’Kami selalu memastikan apakah armada itu laik jalan atau tidak. Kalau tidak ya kita peringatkan. Dan itu wajib dipatuhi para awak armada,’’ ungkapnya pada Kamis (8/12/2022).

Selain sistem pengereman, petugas juga memeriksa kelengkapan administrasi armada mulai dari uji kir, STNK maupun ijin trayek atau kartu pengawasan (KPS).

Selain kondisi armada, lanjut Yono pemeriksaan juga dilakukan pada harga tiket atau tarif penumpang. Jika dirasa memberatkan para penumpang diminta untuk segera melapor kepada petugas. Sehingga awak armada terkait, bisa segera diperingatkan.

‘’Armada bus yang kedapatan melanggar aturan akan segera diberhentikan, dan diperbolehkan jalan setelah semuanya sesuai standar,’’ imbuhnya.

Terkait pergerakan jumlah penumpang, Yono menyampaikan saat ini belum terlihat. Jumlah penumpang setiap hari masih landai dan cenderung stabil. Yakni mencapai 1.135 penumpang baik untuk armada AKAP maupun AKDP.

Pergerakan penumpang di momen liburan Nataru diperkirakan akan terlihat pada H-7 Natal atau pada 18 Desember mendatang.

‘’Jumlah kenaikan bisa mencapai 30 persen dari hari biasa, bahkan bisa lebih,’’ terangnya.

Sedangkan untuk jumlah armada, saat ini ada sekitar 50 armada AKAP dengan jurusan Bandung, Jakarta, Surabaya, Bali dan sebagian Sumatera. Sedangkan untuk AKDP mencapai 130 armada, dengan tujuan Surabaya, Malang, Sidoarjo dan lainnya. (Umi Duta)

 

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Gempar, Warga Badegan ditemukan meninggal di tempat tidur

Dinamika Aktual

Akibat Tumpahan Oli, Lebih dari 10 Motor Tergelincir di Jalan Letjen Suprapto Ponorogo

Dinamika Aktual

Kehabisan Kantong , Donor Darah Hari Bhakti Adhyaksa ke 64 Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri : Dicarikan Solusi agar minat sekolah di SDN tidak menurun terus

Dinamika Aktual

Melalui REC Pemkab Ponorogo dan PLN Berkomitmen Kurangi Emisi Karbon

Dinamika Aktual

Pilkada Ponorogo 2024 Siap Dilaunching

Dinamika Aktual

Petugas Satpol PP Ponorogo Sita Puluhan Bungkus Rokok Ilegal dari Jasa Pengiriman Paket

Dinamika Aktual

Ribuan batang rokok illegal diamanakan dari sejumlah toko di Ponorogo