Home / Dinamika Aktual / Highlight News / Kabar Kota Kita

Selasa, 29 Desember 2020 - 18:03 WIB

Peringati Hari Keanekaragaman Hayati, Pemdes Purwosari Dan PWI Rindangkan Desa

Pemdes Purwosari bersama forpimcan, PWI dan elemen masyarakat tandatangani MOU jaga alam .

Pemdes Purwosari bersama forpimcan, PWI dan elemen masyarakat tandatangani MOU jaga alam .

DUTANUSANTARAFM.COM :  Pemerintah Desa Purwosari kecamatan Babadan  dengan menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ponorogo menggelar acara  Gerakan  menanam Ponorogo pada peringatan hari Keanekaragaman Hayati  yang jatuh pada  29 Desember 2020 . Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati   dengan tema  “Mari menanam demi menjaga sumber air demi anak cucu kita” ini sekaligus mengawali  rangkaian peringatan  Hari Pers Nasional ( HPN) 2021 . Melibatkan semua elemen masyarakat termasuk paguyupan anak  gerakan penghijauan  menanam 500  Tabebuya dan 200 kelapa hijau. Bertempat di lapangan Desa Purwosari , acara penghijauan  dilakukan secara sederhana dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan. Selain  itu juga dilakukan penadatangan MOU  tentang komitmen bersama dalam upaya menjaga  alam dengan berbagai  elemen masyarakat. Di pimpin oleh kepala Desa Purwosari Sukatman . Kegiatan ditengah pandemi covid-19 dihadiri  juga oleh  Camat Babadan Suseno, Kapolsek Babadan Iptu Yudi Kriatiawan,  Danramil  Babadan  Kapten  Arm. Heri Susanto dan  Ketua PWI Ponorogo Hadi Sanyoto serta jajaran pengurus .

Kades Purwosari Sukatman dalam sambutanya mengatakan  penghijauan ini dilakukan dalam rangka merindangkan kembali suasana alam desa yang sudah terlihat agak gersang. Selain itu juga dalam rangka pencanangan  desa ramah anak. Jika Desa Purwosari hijau maka akan rindang , teduh, indah dan nyaman buat anak anak. Rencananya penghijauan akan dilakukan secara berkelanjutan dengan  menganggarkan dana pada APBD desa.

 “Ini juga dalam rangka berusaha menjaga  dan melestarikan kembali sumber air ,”jelas Sukatman.

Sementara ketua PWI Ponorogo  Hadi  Sanyoto  menyatakan Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Ponorogo sudah lama  berkomitmen dalam  upaya membantu  konservasi alam . PWI cabang Ponorogo sudah melakukan penghijauan dibeberapa lokasi  sejak tahun 2016 sehingga terhitung  sudah hampir 5 tahun

Dimulai dengan pencanangan refugia  di Desa Lembah tahun 2016 bersamà Kodim 0802 Ponorogo,  tahun 2017  penghijauan di kawasan wisata Midodaren Desa Poh Ijo Kecamatan  Sampung,  pada 2018 launching Refugia di Desa Lembah Kecamatan Babadan, tahun 2019 penghijauan di kawasan Sumber Air  Sedandang  dan Surodipo Desa Wayang Kecamatan Pulung dan tahun 2020 di Desa Purwosari Kecamatan Babadan ini.

“Harapannya , penghijauan di kawasan Babadan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat  dan petani agar  menjaga sumber air demi anak cucu. Ini untuk  mengimbangi eksploitasi sumber  air untuk pertanian dengan penggunaan submercible yang terus meningkat ,”jelas Hadi Sanyoto kepada dutanusantarafm.com, Selasa 929/12/2020). (wid)

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pungutan Dana Sertifikasi Guru, Dalihnya Demi Peningkatan Kopentensi Spiritual dan Sosial

Dinamika Aktual

Korban Petasan Balon Udara di Desa Muneng Balong Ponorogo Meninggal di Surabaya

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri Sancoko Melepas Keberangkatan 620 Jemaah Haji Ponorogo, Ini Pesannya

Dinamika Aktual

Pengendara Motor Tewas, Laka di Plampitan Setono Jenangan

Dinamika Aktual

Petasan Meledak Tengah Malam, 2 Remaja di Jambon Terluka

Dinamika Aktual

Nihil, KPU Ponorogo Pastikan Tidak ada Calon Perseorangan Pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Aneka Penanda Unik pada Koper Jemaah Haji Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Sugiri Lisdyarita Mendaftar di Demokrat, Pengurus Beberapa Parpol Ikut Mengantar