Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Rabu, 21 Maret 2018 - 07:24 WIB

Penonton Terpesona Festival Gejug Lesung Glinggang

Ponorogo, 21 Maret 2018

Jam 14.23 WIB

Festival Gejug Lesung yang dilaksanakan di lapangan desa Glinggang kecamatan Sampung selasa malam, membuat terpesona ratusan penonton. Para penonton ini tidak hanya berasal dari kabupaten Ponorogo , melainkan juga dari luar kota. Sebanyak 20 peserta akan mengikuti festival, mulai dari tanggal 20 sampai 22 Maret 2018.

 

Kepala Desa (Kades) desa Glinggang, Riyanto mengatakan “Festival Gejug Lesung ini adalah bagian dari nguri-nguri budaya lokal”. Festival ini disambut positif dari peserta luar kota. Hal itu dibuktikan dari 20 peserta Gejik Lesung, 8 peserta diantaranya berasal dari luar kabupaten Ponorogo. Seperti dari Kabupaten Madiun , Magetan, Surabaya, Pacitan. Blitar ,Malang, Pasuruan dan Sidoarjo.

Para penonton yang menyaksikan festival tidak hanya bisa mendengarkan suara merdu alunan tabuhan lesung dari 9 pemain, tetapi juga alunan suara dari penyanyi yang diiringi dengan tari-tarian. “Para peserta bebas memilih lagu, bisa campursari.dangdut, bahkan sholawatan. Panitia sengaja mendatangkan 3 orang dewan juri dari ISI Surakarta untuk memberikan penilaian” ungkap Riyanto.

Pihaknya berharap melalui Festival Gejug Lesung, sebagai bagian rangkaian dari festival desa glinggang ini, dapat menjadi salah satu pilihan wisata keluarga. Kegiatan ini sebagai salah satu wujud syukur masyarakat menyambut datangnya masa panen padi . Selain Festival Gejug Lesung rangkaian kegiatan lain adalah acara Metik, Arak-arakan ratusan den den sawah , arak-arakan ratusan tumpeng, Reog dan Gajah-gajahan. (Tim SABA KOTA – 921 FM)

Berita ini 60 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Selesaikan Sawoo, Kejari Ponorogo Siap Usut Kasus Korupsi Baru

Dinamika Aktual

Bedol Desa, 8 Perangkat Desa Sawoo Ditetapkan Tersangka Kejari Ponorogo

Dinamika Aktual

Dukung Produk Halal, Butuh Semakin Banyak Juleha di Ponorogo

Dinamika Aktual

Satu Korban Luka, Dua Motor Tabrakan di Siman

Dinamika Aktual

Ipong Muchlissoni Daftar di PKB, Demokrat dan PAN, Ingin Bentuk Koalisi Besar

Dinamika Aktual

Bersih Kelurahan Kepatihan Ponorogo, Semarak Tumpeng Purak

Dinamika Aktual

Didik Subagio Ikut Bersaing Peroleh Rekom Bacalon Bupati Ponorogo dari PKB

Dinamika Aktual

Laka Tabrak dari belakang di Jenangan, Akibatkan Satu Korban Meninggal Dunia